makanan halal di Taiwan

5 Restoran yang Menyajikan Makanan Halal di Taiwan 1


5 Restoran yang Menyajikan Makanan Halal di Taiwan – Masih banyak sekali yang ingin aku ceritakan mengenai perjalananku kemarin saat travelling ke Taiwan. Selain destinasi wisata alam nya yang ternyata sangat beragam, tentunya aku juga ingin menceritakan pengalamanku mengeksplore negeri yang berada di Asia bagian timur tersebut dari sisi kulinernya juga.

Sebagai seorang muslim tentunya mengunjungi negara lain yang notabene bukan negara muslim, mungkin jadi salah satu tantangan kan untuk mencari makanan yang halal di negara tersebut. Tapi ternyata saat mengunjungi Taiwan kekhawatiran tersebut mesti ditepis gaeeees! Kenapa? karena ternyata mendapatkan makanan halal di Taiwan gak begitu susah seperti yang dibayangkan.

Saat ini Taiwan sedang gencar-gencarnya menarik minat masyarakat dunia untuk berkunjung ke negaranya, termasuk wisatawan muslim. Nah program wisata halal pun juga menjadi andalannya nih. Makanya saat famtrip bersama Taiwan Tourism Buerau kemarin, perjalanan wisata kami pun merupakan salah satu program perjalanan wisata halal.

Buatku si pencita kuliner, pastinya senang banget kan bisa mengunjungi Taiwan dan mengeksplore berbagai kuliner di sana dengan nyaman karena gak perlu was-was lagi dengan kehalalan makanan yang aku nikmati di sana. Jadi di Taiwan sendiri sekarang ini ada tiga jenis restoran bagi wisatawan muslim yang bisa dikunjungi yaitu muslim restaurant (MR), muslim friendly restaurant (MFR), dan halal menu including (HMI).

Berbagai restoran halal kini dapat kita temui dengan mudah deh. Dan gak hanya di kota besar aja seperti di Taipei, makanan halal ini juga dapat kita temui di kota-kota kecil. Selain restoran yang menyajikan makanan halal di Taiwan, semua hotel yang aku tempati juga melayani tamu Muslim dengan menyediakan makanan halal tentunya dan arah kiblat di dalam kamar hingga menyediakan sajadah untuk shalat.

Ini dia 5 restoran yang aku kunjungi di Taiwan menyajikan makanan halal yang Enak.

Mibanai Restaurant

Restoran pertama yang aku ulas ini berada di Taitung, lengkapnya di Chuan Guang Road No 470. Taitung Taiwan. Saat sampai di Taitung rombongan kami makan siang di resto ini karena selain menyajikan makanan halal di Taiwan, jarak tempuhnya tak begitu jauh dari Bandara Taitung.

Dan spesialnya restoran ini, Mibanai Restaurant menawarkan makanan khas Suku Aborigin, yang merupakan salah satu suku asli di Taitung Taiwan. Jadi kita bisa menikmati sajian khas kuliner warga suku asli yang otentik loh. Yang paling penting semua makanan yang disajikan di sana halal karena telah mendapat lisensi dari Islamic Assosiation of Taiwan.

Jadi makanan khas Suku Aborigin yang ditawarkan di sana yang sempat aku cicipi beberapa diantaranya yaitu gan ze xin atau hati tebu, lalu ada ping lang hua merupakan sajian yang dibuat dari bunga pinang. Selain itu ada shan jiang rou atau daging rusa yang ditumis dengan bumbu bawang putih. Pengalaman pertamaku juga nih bisa mencicipi daging rusa, ternyata rasanya enak loh.

Lalu ada kao tu ji yaitu ayam kampung panggang yang dimasak seperti bebek peking, shan di ban yu yaitu ikan pegunungan yang dibakar.  Untuk makanan berkuahnya ada shu chai tang yaitu sup aneka sayuran ditambah aneka jamur, ada hung to fu atau tahu merah. Dan menu favorit di restoran ini katanya yaitu nai kao mo yu atau cumi panggang susu dan za yu kuai yaitu ikan goreng.

Oh iya aku juga mencicipi minuman khas nya juga yang terbuat dari sari labu. Rasanya cukup manis dan segar berwarna keemasan, disajikan dalam botol kemasan. Selain itu di Mibanai Restaurant juga menyediakan mushola loh.

Li Chuan Aquafarm

Berpindah ke derah Hualien ada sebuah restoran yang menyajikan makanan halal di Taiwan dengan menu-menu andalannya yaitu berbagai macam sajian seafood.

Konsep resto ini juga unik deh, mereka punya kolam besar dan ada saung-saung juga yang disediakan untuk pengunjung menyantap makanan sambil menikmati pemandangan, kalau di Indonesia mirip-mirip lah kaya restoran Sunda dengan saung di atas kolam gitu hihi.. Tapi uniknya di sana pengunjung juga bisa turun ke kolam yang ternyata cukup dangkal untuk berburu kerang, seru!

Berbagai menu seafood bisa kita nikmati di sana, seperti udang, kerang, sup, dan salah satu menu andalannya yaitu ikan yang dipanggang dengan dilapisi garam gitu, dan itu jadi menu primadona kemarin di meja kami. Ikan sebesar itu langsung ludeees dong.

Chateau De Chine Hualien

Chateau De Chine merupakan hotel yang berada di pusat kota Hualien, restoran hotel ini juga termasuk salah satu dari tipe restoran halal menu including (HMI) di Taiwan. Menyajikan menu-menu masakan lokal Taiwan dengan cita rasa masakan chinese food.

Oh iya selain di hotel ini, setiap hotel tempat aku menginap saat di Taiwan restorannya merupakan HMI jadi setiap makanan yang disajikan untuk wisatawan muslim disiapkan secara khusus.

Hj. Yunus Halal Restaurant

Restoran ini berdiri sejak tahun 1999 dan merupakan restoran muslim pertama di Taiwan. Terletak di pusat kota Taipei, dan katanya Restoran ini favoritnya wisatawan dari Indonesia. Di dindin restoran bisa kita lihat banyak dipajang foto-foto berbagai orang terkenal dari Indonesia loh seperti penajabat maupun artis. Di restoran ini juga tersedia mushola yang cukup besar.

makanan halal di Taiwan

Wajar sih selain rasa masakannya yang enak dan halal, menu-menu masakan di restoran ini sangat cocok dengan lidah Indonesia. Selama tujuh hari di Taiwan, akhirnya di restoran ini pula aku bisa makan telur dadar hihi.. Kebayang kan kangen nya kami dengan si telur dadar, lagnsung jadi rebutan deh.

Taiwan Halal Hui Guan Restaurant

Restoran yang dikelola oleh Muslim Uighur ini selain dikunjungi oleh wisatawan muslim mancanergara, ternyata banyak dikumjungi warga lokal Taiwan loh, banyak warga lokal yang penasaran untuk menikmati menu khas yang tentunya halal di restoran ini. Karena tau gak sih? beberapa menu-menu masakannya memiliki citarasa Indonesia banget deh. Sampai ada menu teri kacang juga dan sate kambing.

Seperti kebiasaan makan di Taiwan, di restoran ini pun menu-menu masakannya disajikan dalam porsi besar di meja bundar yang bisa diputar. Sehingga kita bisa menyantap aneka masakan bersama-bersama sambil berbincang hangat. Duh jadi kangen deh makan dan kulineran lagi di Taiwan.

Nah selain ke lima restoran tersebut yang menyajikan makanan halal di Taiwan. Berdasarkan data yang dikeluarkan Asosiasi Muslim China saat ini sudah ada lebih dari 300 restoran yang bersertifikat halal di Taiwan loh. Restoran tersebut tersebar di seluruh negeri mulai dari Kota Taitung, Hualien, Liyan hingga Taipei.

Yuk yang mau travelling ke Taiwan gak perlu ragu cuss segerakan deh, dan nikmati sensasi wisata kuliner makanan halal di Taiwan yang enak-enak!

 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “5 Restoran yang Menyajikan Makanan Halal di Taiwan

  • Avatar
    mude

    Wah alhamdulillah banget ya, di Mibanai resto ada musholanya, jadi lebih tenang saat kita hangout. Penasaran sama makanan khas suku Aborigin, kayak gimana yaa bumbu-bumbunya.