cooking ramen noodles 3


ramen

seperti biasa tiba-tiba aja kepikiran mau masak sesuatu yang bisa di makan, ceritanya gaya-gayaan mau masak mie ramen…

modal searching di internet dan nonton acara tv orang masak jadi di mulailah acara masak-masakannya bonus berantakin dapur si mamih 😀

yang pertama gue siapin adalah kamera! hehe ga usah di tanya alesannya apa yah

seperti biasa orang mau masak, gue sibuk nyari bahan-bahan apa aja yang mau di pake. bongkar-bongkar dapur sama lemari es, akhirnya 3 bahan utama untuk masak mie ramen dapet yaitu tepung terigu, telur, dan garam. ternyata bahan-bahannya sederhana sekaliii.. yah ada nya cuman itu aja jadi pake aja yang ada 😛

kalo di  resep yang gue dapet, untuk membuat mie nya jadi kenyal dan enak harus pake tepung berprotein tinggi, nah lo gue gak tau tuh bedanya tepung terigu berprotein tinggi atau rendah yang kaya gimana bentuknya dan harus beli dimana, jadi ya gue pake aja tepung terigu yang ada di dapur hehe tepung terigu segitiga biru (sory nyebut merk). eh satu lagi yang hampir kelewat yaitu bahan untuk pengembang adonan karena yang ada di dapur cuman baking powder jadi gue pake baking powder aja, dan lagi-lagi gue gak tau apa baking powder cocok untuk bikin mie atau nggak, yang penting mari kita coba let’s try.. seperti katanya orang “kita tidak akan pernah tau hasilnya selama kita belum pernah mencoba” hihiy gaya.

ramen2

bahan-bahan yang di pake untuk membuat mie :

250 gr tepung terigu

1 butir telur

1/2 sendokk teh garam

1/2 sendok teh baking powder

air secukupnya

setelah bahan-bahan nya siap semua, akhirnya gue baru sadar kalo ternyata di rumah gak punya alat untuk menggiling mie, haa akhirnya bikin mie nya dengan gaya manual aja, alias di giles-giles pake rolling pin dan segenap tenaga kuli  harus di keluarkan 😀

oke, mari mulai

pertama, campurkan tepung, garam, dan baking powder. aduk-aduk sampe rata setelah itu lubangu tengah nya masukan 1 butir telur. lalu campurkan pelan-pelan aja sampe semuanya tercampur. last uleni adonan sampai adonannya kalis.

ramen3

nah ciri-ciri adonannya sudah kalis tuh adonannya udah gak lengket lagi di tangan, terus kalau adonannya kita angkat pake tangan maka si adonan akan turun 1-2 detik, jika masih lengket tambahkan aja tepung dan uleni lagi, jika adonan jadi terlalu keras tambahkan aja beberapa tetes air sampai adonan benar-benar siap.

ramen4

adonan yang udah siap di bikin mie.

selanjutnya, setelah adonanya siap si adonan ini perlu di istirahatkan dulu sebelum di bentuk jadi mie, kalo ngga mie bisa jelek dan tipis gitu katanya.. jadi si adonan ini gue tutupin pake serbet dan di diamkan selama 30 menit aja.

membentuk adonan jadi mie pun di mulai… karena gak ada mesin untuk bikin mie jadi perjuangan nya lumayan menguras keringat dan bikin tangan pegel-pegel. semoga gak ada keringet yang netes ke adonanya amiiiinnn hahahahaha

si adonan yang udah siap tadi di bagi 4 bagian, masing-masing bagiannya di giling sampe tipis kurang lebihh 1mm aja ketebalannya, setelah itu adonan di potong-potong di talenan yang sudah di taburi tepung terigu biar gak lengket. karena manual pasti hasilnya lucu-lucu dan gak karuan 😛

ramen5

ini dia mie yang bentuk nya gak karuan

mie nya ready, didihkan air panas tambahin sedikit garam, lalu masukan mie nya ke dalam panci jangan lupa di cerai berai pake sumpit atau garpu biar gak lengket dan menggumpal. masak mie nya bentar kok kurang lebih sekitar 4 menit aja mie sudah matang dan mulai terapung.

kalo mie sudah jadi saat nya bikin kuah ramen nya 😀

untuk kuah ramen gue pake kaldu ayam dan bumbu rahasia 😛 plus dada ayam nya di potong dadu-dadu dan topping nya gue pake wortel yang di iris tipis berbentuk korek api dan buncis, tadinya mau pake sawi hijau karena di lemari es gak ada jadi pake buncis aja. jangan lupa tambahkan toping telur rebus dan nori / rumput laut kering favorit gue..

terakhir, potoin dulu lalu sajikan.

the result :

ramen6

hasil akhir yang memuaskan, ternyata enak!

nb : resep suka-suka di atas akhirnya cuman jadi 2 mangkok aja, padahal adonan masih banyak tapi karena males harus ngegilingnya (karena manual) jadi ya seadanya aja.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 thoughts on “cooking ramen noodles