Danau Cirata

Family Trip, Mancing di Danau Cirata Cianjur


Hari minggu pagi ketika semua orang libur gak ada kegiatan, tiba-tiba mamah nyeletuk bilang kalau dia pengen jalan-jalan. Dalam hati aku ikutan senyum-senyum, sambil ngomong, asik refreshing ūüėÄ

Ternyata tanpa rencana atau persiapan, akhirnya kami sekeluarga langsung cusss memutuskan untuk jalan-jalan sekalian family trip, mumpung semuanya lagi pada kumpul di rumah. Awalnya sih kayaknya ya gara-gara malamnya itu kami sempat nonton acara tv. Tapi aku lupa sih acara  apa yah, pokoknya acara wisata atau acara mancing gtu deh.

Jadi diputuskan kalau tujuan jalan-jalan kami saat itu ya macing! Bapak emang hobby sama yang namanya mancing, makanya di depan rumah kami di Sukabumi ada kolam ikan yang lumayan gede yang bapak buat. Nah kan mancing di kolam depan rumah mah udah bosen ya, view atau pemandangannya ya kebun depan rumah lagi, angsa perliharaan lagi ( btw bapak juga pelihara sepasang angsa loh di sekitaran kolam ikannya hihi)..

Jadi sebenernya di rumah pun rasanya udah kaya di villa aja buatku, nyaman dan adem, enak banget buat leha-leha wkwk. Tapi tetep kan ya, rasanya kaya ada yang kurang kalau refreshing tapi gak pake acara ada perjalanannya dulu, namanya bukan jalan-jalan dong kalo gitu ūüėÄ

Danau CirataPemandangan Danau Cirata yang sejuk dan adem ayem

Danau cirata di Cianjur Jawa Barat jadi tujuan family trip kami waktu itu.Dipilih karena gak terlalu jauh dan bisa di tempuh dalam waktu satu hari pulang pergi gak perlu pakai nginep-nginepan. Berhubung acara mendadak dan hemat biaya tentunya, dan yang jelas aku juga belum pernah kesana, jadi aku exited juga loh. Family trip waktu itu cuma menggunakan 1 mobil aja yang dibawa oleh Bapak, dan yang ikut tentunya aku sama mamah, kakak laki-lakiku dan istrinya, waktu itu mereka belum punya momongan, kalau sekarang udah berbuntut tiga.

Ngomong-ngomong soal mobil yang kami pakai waktu itu, itu mobil pertama yang bapak punya. Mobil sedan jadul sih tapi alhamdulillahnya banyak banget jasanya buat keluarga kami. Sampai akhirnya doi bapak jual sebelum aku nikah. Alasanya katanya karena memang udah berumur dan udah gak sehat. Dulu sih masih jarang cari-cari info tentang harga mobil jadi lumayan agak lama lah sekitar 6 bulan setelah mobil itu dijual bapak gak pakai mobil lagi. Padahal kalau sekarang mah gampang banget mau cari mobil, tinggal browsing aja bertebran deh di internet informasi harga mobil suv murah.

Sebelum ceritanya makin ngalor-ngidul nih, balik lagi ke cerita family trip kami waktu itu ke danau cirata, menurut informasi dari om google Danau Cirata berada pada aliran sungai Citarum, dibangun tahun 1982-1987, memiliki luas 6.035 hektar. Wilayah genangan airnya meliputi wilayah Kabupaten Cianjur, Purwakarta, dan Bandung. Sedangkan wilayah genangan airnya terluas berada di wilayah Kabupaten Cianjur.

Danau Cirata

Naik perahu dulu menuju tempat mancing dan yang pasti tempat makaaann..

Setelah sampai di daerah danau cirata, untuk menuju tempat mancing dan restoran yang ada di tengah danau, kami harus naik perahu dulu. Aku lupa berapa ongkos untuk sekali jalan naik perahu tersebut, yang pasti gak mahal kok. Seru banget menikmati sensasi angin sepoy-sepoy di atas perahu sambil melihat pemandangan danau yang sejuk di mata.

Restoran yang ada di tengah danau cirata itu biasa disebut rumah makan terapung, jadi selain bisa mancing, disana juga kita makan-makan enak. Meskipun menunya gak begitu banyak pilihan tapi cukup lah untuk mengisi perut yang kosong setelah asik mancing di sana.

Beberapa menu yang kami pesan waktu itu ada ikan nila bakar  lengkap dengan sambal dan lalapannya, nasinya pun tersedia dua pilihan, bisa nasi putih atau nasi uduk. Kalau soal rasa menurutku sih masih jauh lebih enak ikan bakar buatan mamah hihi.. tapi kan yang namanya lagi jalan-jalan begini apalagi family trip seperti ini yang dicari kebersamaanya hehe..

Alhamdulillah aku happy banget, bisa punya memory bahagia bareng keluarga dalam bentuk family trip seperti ini. Kalau aku gak salah ingat momen ini terjadi di tahun 2012 pada saat aku baru lulus kuliah dan alhamrhum bapak masih sehat dan seger banget.

Note : Ini sebenarnya postingan lama yang aku tulis ulang lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *