Gulali Kacang Tradisional 1


Waktu kecil doyan banget jajan permen gulali, tiap sekolah SD gak pernah kelewat yang namanya jajan permen gulali, mulai dari permen gulali yang suka dibentuk macem-macem sama abangnya, sampai gulali kacang yang bentuknya seperti lolipop. Rasanya enak banget manis-manis ditambah gurih dan kriuk dari kacangnya, permen tradisional asli dari Indonesia ini memang selalu bikin kangen.. nah sambil nostalgia akhirnya kesampean juga bikin gulali sendiri ternyata bahan dan cara buatnya simpel loh cukup 3 bahan aja yang digunakan, dan hasilnya udah mirip lah ya sama yang di jual abang-abang waktu saya masih jaman SD.

Homemade Gulali Kacang Tradisional

Permen gulali ini biasanya ada yang terbuat dari gula pasir dan ada juga yang terbuat dari gula merah jawa, kali ini saya mencoba membuat gulali tradisonal yang terbuat dari gula merah jawa dengan kacang tanah yang berbentuk bulat pipih dan biasanya menggunakan stik kayu. Sekali percobaan ternyata berhasil, senangnyaaaa..

Tips dari saya hati-hati kalo adonan gulanya masih panas jangan langsung di pegang dengan tangan kosong nanti malah jadi atraksi debus hehe, tunggu sampai agak hangat baru bisa di bentuk dan jika adonan terlanjur mengeras bisa dipanaskan lagi dengan api kecil sampai adonan meleleh kembali, sebenernya untuk membuat gulali ini sangat mudah tapi butuh kesabaran pada saat mencetak adonannya hingga berbentuk bulat pipih, untuk lebih mudahnya bisa juga menggunakan cetakan silicon tahan panas yang biasa digunakan untuk mencetak coklat.

let’s try it..

Bahan-bahan

1 buah gula merah / gula aren
secukupnya air putih
secukupnya kacang tanah siap makan

Langkah

Siapkan bahan-bahanya yaitu gula merah, air, dan kacang. Kemudian tumbuk / hancurkan kacang tanah yang sudah siap makan, saya pakai kacang kulit kemasan, tumbuk kasar jangan sampai terlalu hancur. Selanjutnya iris halus gula

Gulali kacang tradisional

Panaskan wajan anti lengket, kemudian masukan gula dan air aduk-aduk terus sampe mendidih. Setelah mendidih tambahkan kacang tumbuk aduk terus sampai mengental, hati-hati jangan sampai terlalu gosong untuk menghindari rasa pahit.

Gulali kacang tradisional

tunggu adonan gulali sampai tidak terlalu panas, kemudian gunakan tusuk sate atau sumpit untuk membentuk gulali seperti lolipop. saya menggunakan sumpit.

Gulali kacang tradisional

Setelah dibentuk, tunggu gulali sampai benar-benar adem tidak panas lagi kemudian masukan gulali ke dalam lemari es, setelah mengeras gulali kacang tradisional siap dinikmati. 🙂

 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Gulali Kacang Tradisional