wisata alam di taitung taiwan

Menikmati Wisata Alam di Taitung Taiwan, Wajib Berkunjung ke San Xian Tai. 13


Menikmati Wisata Alam di Taitung Taiwan, Wajib Berkunjung ke San Xian Tai – Itinerary perjalananku selama satu minggu di Taiwan kemarin bisa dibilang lebih banyak mengeksplore dan berkunjung ke tempat-tempat wisata alam. Mulai dari pantai, ladang dengan pemandangan yang menakjubkan, sampai ke destinasi wisata yang cukup ekstrim seperti lembah pegunungan.

Siapa yang menyangka ternyata di bagian timur Taiwan tepatnya di wilayah Taitung County terdapat destinasi wisata alam yang sangat menarik yaitu pantai dengan batu karang yang indah, dilengkapi dengan landmark atau bangunan yang memiliki sejarahnya tersendiri, yaitu San Xian Tai biasa di sebut juga dengan Terrace of the Three Immortal.

Selain itu ada juga beberapa spot wisata alam di Taitung Taiwan yang gak terlalu jauh dari San Xian Tai seperti Water Running Up, Xiaoyeliou dan Jialulan yang bisa kita kunjungi sekaligus dalam satu kali perjalanan.

wisata alam di taitung taiwan

Jarak dari kota Taipei menuju Taitung sendiri cukup jauh yaitu sekitar 150 kilometer, dapat ditempuh melalui jalur darat ataupun udara. Dan aku mengunjungi Taitung saat hari kedua sesampainya di Taiwan, untuk menghemat waktu romobongan kami memilih jalur udara menuju Taitung dengan menggunakan pesawat domestik dari bandara domestik Taipei menuju ke Bandara Taitung.

Perjalanan melalui udara ini hanya memakan waktu satu jam aja, sedangkan kalau kita menggunakan jalur darat seperti bis atau kereta bisa memakan waktu lima sampai tujuh jam perjalanan. Oh iya yang ada yang menarik nih saat perjalanan menuju Taitung tersebut, ternyata bandara Taitung merupakan bandara terkecil loh di Taiwan. Ukuran bangunan airportnya memang terbilang kecil jika dibandingkan dengan bandara-bandara domestik di Indonesia.

Menariknya Legenda Xan Sian Tai salah satu Wisata Alam di Taitung Taiwan

Terrace of the Three Immortal atau San Xian Tai bisa diartikan yaitu batu tiga dewa-dewi, begitulah yang aku dengar dari Mas Adi yaitu tour guide rombongan perjalanan kami kemarin. Menurut legenda di Taitung, masyarakat percaya bahwa jaman dahulu kala ada delapan dewa dan dewi yang melintas di lautan. Kemudian tiga di antara dewa – dewi tersebut sempat singgah di sana, dan meninggalkan jejak pada tiga batu raksasa yang menghadap ke Samudera Pasifik tersebut.

Lihat deh bebatuan karang di sana memang sangat indah sih, kalau di Indonesia mirip karang bolong ya hehe.. Nah terdapat tiga batu raksasa tersebut, di San Xian Tai ini juga dibangun jembatan naga. Jembatan dengan anak tangga yang berwarna merah, ini terbentang  panjang menghadap lautan. Jembatan tersebut juga memiliki desain sisi berwarna putih, dan mempunyai delapan lekukan. Kalau dilihat dari jauh jadi seperti naga yang sedang berjalan menuju samudera. Indah banget!

wisata alam di taitung taiwan

Aku juga sempat mencoba melintasi jembatan naga nya juga dong, kapan lagi kan mumpung lagi ada di sana. Seru deh, saat berada dipuncak lekukan jembatan tersebut anginnya terasa semakin kencang, mau berfoto ria juga jadi susah hihi, tapi puas banget bisa melihat pemandangan pantai dan lautan dari atas jembatan tersebut.

Water Running Up, Xiaoyeliou, dan Jialulan Melengkapi Objek Wisata Alam di Taitung Taiwan

Setelah puas menikmati keindahan alam di San Xian Tai, gak begitu jauh dari sana kita bisa melanjutkan wisata ke beberapa tempat sekaligus. Masih disepanjang wilayah samudra pantai tersebut, wajib banget deh mengujungi juga salah satu lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lokal dan wisatawan international karena keunikannya biar gak penasaran, yaitu Water Running Up.

Jadi Water Running Up ini adalah lokasi wisata yang dibuat oleh pemerintah setempat dengan keunikannya karena terdapat sebuah sungai kecil atau parit yang airnya terlihat mengalir naik ke atas seperti melawan gravitasi. Dan terdapat batu besar yang diletakan di sana bertulisakan “Qiguan” yang artinya a spectacular view.

wisata alam di taitung taiwan

Saat berada di sana kami juga takjub sih dengan fenomena tersebut, air benar-benar terlihat seperti mengalir ke atas bukit gitu, keren! Tapi ternyata setelah dijelaskan oleh mas Adi, ternyata hal tersebut bukan fenomena gaib atau semacamnya nih hehe.. Untuk menarik wisatawan Parit tersebut memang sengaja dibuat seolah-olah memberikan ilusi melawan gravitasi. padahal sebenarnya air nya tetap mengalir ke bawah seperti biasa jika dilihat dari perspektif yang lain.

Kemudian lanjut menuju wisata alam di Taitung Taiwan yang lainnya yaitu Xiaoyeliou. Di tempat ini wisatawan akan disuguhkan pemandangan bebatuan unik yang terbentuk dari perubahan struktur geologis dengan latar belakang laut lepas samudera pasifik yang indah. Bebatuan unik tersebut tersusun berundak-undak, ada yang menyerupai jamur, tahu, dan terumbu karang.

wisata alam di taitung taiwan

Seharian menjelajah wisata alam di sana sangat-sangat cukup sih menurutku, menjelang malam hari aku dan teman-teman yang lain menginap di Luminous Hots Spring Ressort & Spa di Taitung. Banyak hal menarik yang mau aku ceritakan di ressort ini, seperti di tulisanku sebelumnya menginap di ressort ini aku serasa jadi istri sultan hihi, ada apa coba tebak? tunggu tulisanku selanjutnya ya!


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 thoughts on “Menikmati Wisata Alam di Taitung Taiwan, Wajib Berkunjung ke San Xian Tai.