Spaghetti Aglio Olio

Merayakan Hari Pasta Sedunia Bersama San Remo Pasta 18


Assalamualaikum..

Merayakan Hari Pasta Sedunia Bersama San Remo Pasta – Setelah menikah salah satu makanan favorit dan paling sering dimasak di rumah (selain masak nasi tentunya) yaitu Pasta! Yup salah satu masakan khas Italia ini memang populer banget di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sekarang ini siapa sih yang gak tau spaghetti? atau Mac n cheese yang kejunya lumer-lumer itu? Berbagai macan restoran, cafe-cafe, dan bahkan warung tempat nongkrong-nongkrong kids jaman now biasanya udah banyak yang menyajikan berbagai macam menu pasta.

Suamiku emang termasuk orang yang suka banget sama segala macam olahan pasta seperti spaghetti, lasagna, fettucine dan teman-temannya. Jadi di rumah kami emang udah sering banget masak macem-macem menu olahan pasta, dari yang resep simple, ribet sampai resep ngarang hihi.. Salah satu menu yang paling sering dimasak sih Aglio e olio, soalnya masaknya gampang banget, super duper praktis deh. Kalo di rumah lagi kehabisan stok bahan makanan untuk masak biasanya aku cus bikin ini. Selain itu aku juga jadinya harus pinter-pinter cari tau terus cara mengolah atau masak segala macam menu pasta yang enak demi memuaskan selera doi. Makanya minimal ya persediaan pasta di rumah selalu bertengger di lemari dapur.

Spaghetti Aglio Olio

Ngomong-ngomong soal pasta nih, akhir bulan Oktober kemarin tepatnya tanggal 25 Oktober 2017 aku dapet kesempatan menghadiri undangan untuk merayakan Hari pasta sedunia loh bersama San Remo Pasta salah satu merk pasta Favoritku. Kesempatan yang gak boleh dilewatkan dong, secara gitu acaranya All about Pasta yang pastinya bakal makin bertambahlah pengetahuanku tentang si pasta ini. Dan aku juga baru tau kalau tanggal 25 Oktober itu ditetapkan sebagai hari pasta sedunia sejak 1995 wow.

Di acara hari pasta kemarin yang diadakan di Hard Rock Cafe Pacific Place Jakarta Selatan, aku banyak banget dapat informasi mengenai pasta. acaranya juga seru banget deh selain menikmati hidangan pasta yang enak-enak, ada games, doorprize dan live music yang mengiringi selama acara kemarin. Kita para blogger dan media yang menghadiri undangan juga diajarkan cara memasak pasta yang benar (tekstur pasta al dente). Chef Made dari Hard Rock Cafe mendemokan tiga resep pasta sekaligus yaitu resep Spaghetti Aglio Olio with Chicken, Baked Penne Pasta with Chicken Sausage, dan Fettucine Marinara.

Hari Pasta Sedunia dan Sejarah San Remo Pasta

Seperti yang udah aku jelaskan tadi kalau tanggal 25 Oktober itu ditetapkan sebagai hari pasta sedunia sejak tahun 1995, karena pada saat itu pasta sudah mulai populer sangat dikenal di seluruh dunia dan menjadi makanan internasional. Diadakannya hari pasta sedunia bertujuan untuk memperkenalkan dan menyebarkan informasi tentang pasta sebagai masakan tradisional Dunia. Informasi ini aku dapatkan dari penjelasan yang disampaikan oleh Ibu Jeni dari San Remo Pasta pada saat acara kemarin.

Hari Pasta Sedunia

Ibu Jeni sedang menjelaskan mengenai sejarah San Remo Pasta

Kata ‘pasta’ berasal dari bahasa Italia ‘paste’ yang mengacu kepada campuran antara tepung dan air. Dari informasi yang aku dapat kemarin San Remo diproduksi dari Gandum Durum Semolina. Gandum ini tumbuh di dataran sejuk dan merupakan jenis gandum kualitas terbaik serta mengandung protein lebih banyak dibandingkan jenis gandum lainnya. Gandum Durum Semolina yang banyak terdapat di daratan Australia, menghasilkan pasta dengan kualitas premium, otentik, serta tekstur pasta al dente. Hal ini yang menjadikan produk San remo pasta lebih unggul dari pasta lainnya.

Singkatnya sih begini ya sejarahnya San Remo Pasta sehingga sekarang mampu menghasilkan pasta dengan kualitas unggulan dan sudah di ekspor ke-35 Negara di seluruh dunia salah satunya Indonesia. Pada tahun 1936, Luigi Crotti membangun usaha pasta dari rumahnya bernama San Remo. Sebuah nama yang diambil dari nama kota kelahirannya, Italia.

hard rock cafe Pacific Place

Hard Rock Cafe Pacific Place

Dia berkelana ke beberapa Negara untuk mencari bahan baku utama pasta dengan kualitas terbaik yaitu Gandum Durum Semolina. Akhirnya Luigi menemukan satu Negara dengan kualitas gandum terbaik tersebut di Australia Selatan. Produksi pasta kemudian dipindahkan ke Australia. Selain itu Australia memiliki suhu dan temperatur yang sesuai untuk produksi pasta yang berkualitas. Sejak saat itu San Remo kini memiliki kantor dan pusat distribusi di semua kota-kota utama di seluruh Australia dan Selandia Baru.

Berbagai Macam Varian Pasta dari San Remo

Pasta San Remo bisa kita dapatkan dengan mudah di berbagai supermarket dan hypermarket terdekat, makanya setiap belanja bulanan aku pasti gak lupa masukin salah satu varian pasta dari San Remo ke troli belanjaanku. Paling sering aku beli pasta spaghetti atau fusilli, kadang suka coba-coba varian yang lain juga sih apalagi San Remo tersedia pasta siap masak juga.

Lengkapnya San Remo Pasta terbagi ke dalam dua jenis pasta utama, yaitu pasta panjang dan pasta pendek. Pasta panjang San Remo terdiri dari spaghetti, instant spaghetti, angel hair, fettuccine, spinach fettuccine, linguine, vermicelli, dan spaghetti wholemeal. Sedangkan pasta pendek San Remo terdiri dari penne, spirals, small shells, rigatoni, bowties, fusilli, fusillini, elbows, macaroni, dan soup pasta. Selain pasta panjang dan pasta pendek, San Remo juga memproduksi saus dan varian pasta lainnya, di antaranya:

Varian Pasta San Remo

Varian Pasta San Remo

  • Saus Pasta: Bolognese, Napolitana, Bolognese & Mushroom, Tomato-Onion & Garlic, Spicy Tomato & Capsicum, dan Tomato & Basil
  • La Pasta (pasta siap masak): Chicken Curry, Sour Cream & Chives, Macaroni Cheese, Mushroom & Herb, Carbonara, Alfredo, dan Four Cheese
  • Spesialisasi: Instant Lasagna, Curly Instant Lasagna, Couscous, Egg Noodle Tagliatelle, Vegeroni Spirals Tricolori, dan Fettuccine all’ uovo

Oh iya untuk kisaran harganya juga pasta San Remo ini cukup terjangkau loh, mulai dari belasan ribu aja, misalnya :

  • Pasta Rp 21.000- Rp 22.000, terdiri atas pasta panjang, yaitu spaghetti, instan spaghetti, angel hair, fettucine, spinach fettucine, linguine, vermicelli, dan spaghetti wholemeal. Sedangkan pasta pendeknya ada penne, spirals, small shells, rigatoni, bowties, fussili, elbows, macaroni, dan soup pasta.
  • La Pasta Rp 18.000-Rp 20.000, pasta siap masak yang bisa lebih cepat dimasak terutama saat sedang diburu waktu. Tersedia rasa Chicken Curry, Sour Cream & Chives, Macaroni Cheese, Mushroom Herb, Carbonara, Alfredo, dan Four Cheese.
  • Saus Pasta Rp 50.000, tersedia rasa Bolognese, Napolitana, Bolognese & Mushroom, Tomato-Onion & Garlic, Spicy Tomato & Capsicum, dan Tomato & Basil.

Selain itu ada banyak promo juga, informasi lebih lengkapnya bisa dilihat di sini :

Instagram: @sanremoindonesia

Demo Masak Tiga Menu Pasta oleh Chef Made

Rangkaian acara yang paling aku tunggu banget nih, masak-masak pasta yang langsung didemokan oleh Chef Made dari Hard Rock Cafe. Gak tanggung-tanggung kemarin Chef Made mendemokan tiga menu pasta andalannya. Tiga menu pasta yang didemokan yaitu resep Spaghetti Aglio Olio with Chicken, Baked Penne Pasta with Chicken Sausage, dan Fettucine Marinara. Selain itu kita juga bisa langsung mencicipi dan menikmati hasil dari masakan pastanya sampai kekenyangan hihi..

 Spaghetti Aglio Olio with Chicken

Spaghetti Aglio e Olio with Chicken

Resep pertama yang didemokan oleh Chef Made, menu ini terbuat dari pasta spaghetti yang dimasak al dente tentunya. Kemudian pasta ditumis dengan bumbu yang sederhana seperti bawang putih dan cabe rawit kemudian dilengkapi dengan potongan fillet dada ayam. Spaghetti Aglio Olio ini juga salah satu menu andalan aku di rumah nih soalnya gampang gak pake ribet masaknya tinggal ongseng-ongseng aja 😀

Baked Penne Pasta with Chicken Sausage

Baked Penne Pasta with Chicken Sausage

Nah kalau yang ini diantara ketiga hidangan yang disajikan ini menu yang paling aku suka banget. Pasta Penne yang dimasak dengan cream putih, terus ditambah sosis ayam dan gak lupa ditaburi keju yang melimpah dan leleh-leleh gitu di atasnya karena pastanya dipanggang terlebih dahulu sebelum disajikan.

Fettuccine Marinara

Fettuccine Marinara

Ini adalah menu terakhir yang dimasak oleh Chef Made, pasta yang digunakan yaitu Fettuccine yang kalau di Indonesia mirip seperti mie pipih. Pastanya dimasak dengan saus marinara dan diberi topping seafood seperti udang yang dijamin yummy banget.

Fettuccine Marinara

Dari ketiga menu tersebut aku mau share salah satu resepnya secara lengkap juga deh di postingan ini, sekalian siapa tau ada yang mau coba bikin juga kan di rumah. Yuk disimak ini dia resepnya 🙂

Resep Baked Penne Pasta with Chicken Sausage

Bahan :

  • Bawang bombay
  • Bawang putih
  • Sosis ayam
  • Mix vegetable
  • Garam
  • Lada
  • White sauce
  • Penne pasta San Remo
  • Mix cheese (mozarella, cheddar)
  • Parmesan cheese
  • Minyak untuk menumis
  • Air untuk merebus pasta

Resep Baked Penne Pasta with Chicken Sausage

Cara membuat :

  1. Rebus pasta Penne San Remo sampai al dente.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang bombay yang sudah dicincang sampai bawang layu.
  3. Masukan bawang putih tumis sampai harum.
  4. Tambahkan sosis ayam yang sudah dipotong-potong, masak sampai sosis matang.
  5. Masukan mix vegetable, bumbui dengan garam dan lada.
  6. Tuang white sauce secukupnya, masak hingga mengental.
  7. masukan pasta Penne yang sudah matang kedalam saus yang sedang dimasak.
  8. Tambahkan mix cheese dan parmesan cheese, aduk rata.
  9. Setelah tercampur rata dan keju menyatu dengan saus, tuang pasta ke dalam mangkuk tahan panas.
  10. Taburi kembali atasnya dengan mix cheese, panggang selama 10 menit atau hingga keju meleleh.
  11. Sajikan selagi panas.

Selamat mencoba!


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 thoughts on “Merayakan Hari Pasta Sedunia Bersama San Remo Pasta