Museum Tekstil Jakarta

Piknik Sambil Belanja Sekaligus Belajar Masak di Museum Tekstil Jakarta 20


Senangnya hari minggu kemarin tanggal 26 Februari 2017 dapet kesempatan piknik lagi nih.. Dan pikniknya bukan sembarang piknik, tapi wisata sambil belanja sekaligus belajar masak di Museum Tekstil Jakarta bareng 100 blogger yang lainnya dari wilayah Jabodetabek.

Buat aku yang udah lama banget gak berkunjung ke museum kesempatan wisata kemarin benar-benar menambah pengalaman menarik, yup acara yang diselenggarakan oleh Kriya Indonesia ini bertema “Wisata Belanja” jadi selain kita mengunjungi museum kita juga diberikan pengalaman berbelanja keperluan sehari-hari atau grocery yang sangat praktis dan mudah dengan menggunakan layanan dari Honestbee.

museum tekstil

Acara dimulai dari pukul 9 pagi, sebelum acara dimulai para peserta melakukan registrasi terlebih dahulu lalu kemudian acara dibuka oleh Mba Astri Damayanti dari Kriya Indonesia dengan memperkenalkan pengelola dan juga tour guide dari Museum Tekstil. Dan untuk acara hari itu tour guide kita adalah seorang wanita asing dari Italia alias bule yang bernama Miss Fany yang menjadi volunteer di museum tekstil, dengan fasihnya berbahasa Indonesia beliau menjelaskan sejarah kain batik yang ada di dalam museum.

museum tekstil jakarta

Berbelanja menggunakan Honestbee

Selain itu sebelum kita dipersilahkan masuk ke dalam museum, tim dari Honestbee juga tidak ketinggalan memberikan informasi mengenai cara menggunakan layanan dari Honestbee yang hanya menggunakan aplikasi dari handphone saja. Jadi sebelum mulai berwista ke dalam museum kami diberikan kesempatan untuk berbelanja terlebih dahulu menggunakan aplikasi honestbee, ternyata beneran praktis deh tinggal klak-klik aja lewat handphone, belanjaan kita langsung ditangani oleh honestbee di supermarket terdekat dari lokasi kita berada.

FYI Honestbee merupakan layanan belanja dan pengiriman on demand untuk kebutuhan sehari hari berbasis online terkemuka asal Singapura. Diluncurkan secara resmi di Indonesia pada tanggal 25 Januari 2017 di Jakarta. Saat ini Honestbee bermitra dengan Transmart Carefour yang merupakan ritel terbesar di Indonesia. Selanjutnya Honestbee juga berencana akan bekerjasama dengan beberapa ritel besar lainnya di Indonesia.

museum tekstil jakarta

Proses pembelanjaan kita ditangani oleh asisten belanja Honestbee yang telah dilatih secara profesional untuk memilih bahan makanan dengan kualitas terbaik dari segi kesegaran dan mutu produk. Jadi jika ada pesanan yang tidak tersedia maka asisten belanja akan langsung menghubungi kita lewat telepon atau sms untuk memberitahukan dan juga memberikan saran barang pengganti barang belanjaan kita yang tidak tersedia. Kemudian barang belanjaan kita akan diantarkan langsung oleh kurir dari Honestbee dan barang belanjaanya dikemas menggunakan shopping bag reusable yang menarik seperti ini.

Honestbee

Oiya untuk harga barang belanjaan yang ada di honestbee dengan yang ada di Transmart Carrefour langsungpun harganya sama loh, kita hanya perlu menambah biaya ongkos kirim dan biaya layanan sebesar 10.000 Rupiah saja. Kemudian jangka waktu dari pemesanan ke pengiriman sampai di alamat kita, waktu kirim tercepat bisa hanya 1 jam aja, selain praktis, cepat dan murah pula.

museum tekstil jakarta

Jaman sekarang emang serba praktis ya, belanja grocery yang lumayan repot dan menghabiskan banyak waktu kalau harus datang langsung ke supermarket jadi lebih praktis seperti ini dengan adanya layanan dari Honestbee. Makanya sambil piknik begini kita tetep bisa belanja tanpa perlu khawatir kehabisan waktu luang bersama keluarga. Jadi jadwal belanja bulanannya bisa dipake untuk menghadiri event blogger atau aktifitas yang lainnya, asik nih hihi..

Museum Tekstil Jakarta

Museum Tekstil yang berada di Jl. KS. Tubun No. 2 – 4 Jakarta Barat ini lokasinya tidak jauh dari stasiun tanah abang yang lumayan macet itu. Meskipun berada di wilayah yang ramai tetapi kompleks bangunan museumnya lumayan sejuk dan adem loh ketika kita mulai masuk, karena tamannya yang luas dan banyaknya pepohonan yang rindang serta bangunannya yang kelasik memberikan nuansa nyaman tersendiri.

Museum Tekstil Jakarta

Dari beberapa bangunan di kompleks tersebut, museum tekstil Jakarta memiliki dua buah gedung pameran utama. Pertama kita diajak masuk ke dalam Gedung pameran utama sambil dijelaskan oleh miss Fanny sebagai tour guide kita, dimana Gedung Museum Tekstil utama ini dibangun pada akhir abad ke 19 sebagai rumah tinggal warga berkebangsaan Perancis. Kemudian beberapa kali berpindah kepemilikan sampai pada masa perang kemerdekaan tahun 1945, Gedung Museum Tekstil digunakan sebagai Markas Pemuda Barisan Pelopor dan Barisan Keamanan Rakyat (BKR).

Kemudian Gedung ini berpindah kepemilikan lagi sampai akhirnya dibeli oleh Departemen Sosial RI pada tahun 1952, dan pada tahun 1976 diserahkan kepada Pemda DKI sebagai Museum Tekstil Jakarta yang diresmikan pada tanggal 28 Juni 1976 oleh Ibu Tien Soeharto. Dan saat Ini Museum Tekstil Jakarta berada di bawah Pengelolaan UP. Museum Seni Rupa Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Museum Tekstil Jakarta

Setelah puas berkeliling di gedung pertama, selanjutnya kita diajak menuju gedung Galeri Batik. Galeri ini diresmikan pada tanggal 2 Oktober 2010 dalam rangka meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap kain batik. Galeri yang dikelola langsung oleh Yayasan Batik Indonesia ini sendiri berisi berbagai macam koleksi batik yang terdapat di Indonesia seperti batik dari Sumatera, Jawa barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Selain berbagai koleksi kain batik, terdapat pula bahan perwana batik alami, motif-motif cap batik, tata cara proses membatik dan berbagai macam interior-interior yang bermotif batik seperti tempat tidur, furniture, topeng & wayang golek.

Museum Tekstil Jakarta

Koleksi Museum Tekstil Jakarta berjumlah 2350 koleksi yang terdiri dari 886 koleksi kain batik, 819 koleksi kain tenun, 425 koleksi campuran, 70 koleksi peralatan, 150 koleksi busana dan tekstil kontemporer. Senang dan takjub rasanya bisa melihat langsung perkembangan industri dunia tekstil di Indonesia. Dan asiknya di sana kita bisa juga ikut belajar membatik dengan biaya Rp 40.000,-

Memasak Bersama Resep Dapur Ayah

Saking asiknya menikmati koleksi-koleksi di Museum Tekstil sambil foto-foto gak kerasa ternyata sudah hampir tengah hari. Acara selanjutnya kita diajak menyaksikan demo memasak dari seorang blogger sekaligus seorang ayah yang memiliki hobby memasak di rumah yaitu mas Jun Joe Winanto, beliau memiliki akun instagram @resepdapurayah. Di instagramnya mas Jun banyak membagikan resep-resep andalannya juga loh.

museum tekstil7

Untuk acara demo masak pada waktu itu mas Jun mendemokan cara memasak Ayam Rica-Rica dan Puding Srikaya Gula Merah. Sambil memasak mas Jun menjelaskan secara rinci cara memasak dan apa saja bahan yang diperlukan, tidak lupa beliau selalu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dari kami para peserta.

Setelah masakannya sudah mulai matang, kita juga dipersilahkan mencicipi hasil masakannya. Bumbu ayam rica-ricanya cukup enak tapi tidak terlalu pedas, dan aku lebih suka puding srikaya gula merahnya, pudingnya lembut dan manisnya juga pas.

Museum Tekstil Jakarta

Kemudian acara di tutup dengan makan siang bersama sambil menunggu datangnya pesanan belanjaan yang sudah kita pesan tadi dari Honestbee. Gak kerasa seharian sudah piknik sekaligus belanja bersama blogger di Museum Tekstil Jakarta. Banyak sekali pengalaman dan manfaat yang bisa didapat, besok-besok jadi pengen jalan-jalan lagi ke Museum yang lain yang ada di Jakarta nih.

Museum Tekstil Jakarta

Untuk yang mau berkunjung ke sana, Museum Tekstil Jakarta ini Buka dari hari Selasa sampai Minggu dari jam 09.00-15.00. untuk hari Senin & hari libur besar museum ini tutup. Harga tiketnya cukup murah untuk dewasa: Rp. 5.000, mahasiswa: Rp. 3.000 dan untuk anak-anak: Rp. 2.000.


Leave a Reply to Murni Rosa Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 thoughts on “Piknik Sambil Belanja Sekaligus Belajar Masak di Museum Tekstil Jakarta