Resep Sop Buntut Sapi

Resep Sop Buntut Sapi Spesial Wangi Rempah 34


Yeay resep baru di awal tahun baru! Akhirnya bisa posting juga tulisan pertama di tahun 2018. Bener-bener gak terasa, tau-tau udah tanggal segini aja. Sebagai permulaan kayaknya mending share tulisan resep dulu aja kali ya hehe.. Jadi untuk kali ini aku mau share Resep Sop Buntut Sapi Spesial ala Home Cooking Notes aja.

Sebenarnya sih pas tanggal 1 Januari kemarin aku sengaja masak Roasted Chicken requestnya si aa suamik. Kalau teman-teman yang ngikutin aku di Instagram pasti udah tau deh, soalnya aku sempat post foto dan insta story-nya juga.

Nah maunya kan untuk posting-an resep pertama di awal tahun 2018 ini, post resep itu aja biar matching gitu ya sama postingan pamer aku di Instagram wkwk. Tapi apadaya waktu masak roasted chicken kemarin aku gak sempat foto-foto proses pembuatannya, dan itupun masaknya cuma pakai bumbu instant aja yang aku marinasi ke ayamnya semalaman terus langsung aku panggang di oven deh hihi..

Baca jugaΒ Resep Soto Daging Kuah Santan

Jadi posting resep Roasted Chickennya kapan-kapan aja deh ya kalau aku bikin lagi pakai resep yang beneran πŸ˜› Padahal aku udah beberapa kali juga bikin ayam panggang seperti ayam panggang rosemary, ayam panggang pedas, tapi semuanya belum ada yang sempat aku foto atau video step by stepΒ cara pembuatannya.

Berhubung aku masih punya banyak stok resep lain yang belum sempat aku post nih, jadi dari pada gak share resep apa-apa kan ya, akhirnya aku putuskan untuk posting salah satu resep yang sebenarnya udah lama banget aku bikin yaitu Resep Sop Buntut Sapi.

Resep Sop Buntut Sapi

Yup resep ini udah aku buat lumayan cukup lama. Waktu itu aku punya stok buntut sapi di frezer dapet dari lebaran Iedul Adha, udah lama banget kan hehe.. Nah karena si buntut sapi ini aku dapat dari hasil lebaran jadi buntut sapinya aku sendiri yang bersihin dan potong-potong, makannya bentuknya agak aneh dan gak cantik kayak di resto-resto itu. Ternyata susah juga loh motong-motong buntut sapi begitu, huh!

Meskipun bentuk buntut sapinya gak karuan apalagi gak cantik, tapi rasanya boleh diadu deh. Rempah-rempahnya terasa dan wangi banget, kuah sopnya gurih dan sedap tapi gak bikin enek. Kuncinya aku pakai merica putih butiran utuh agak banyak, yang pastinya aku haluskan sendiri. jadi cita rasa kuahnya segar dan hangat ditenggorokan.

Untuk Resep Sop Buntut Sapi ini aku gak sempat buat video tutorialnya, tapi tenang aja ada foto-foto langkah pembuatannya dong untuk lebih jelasnya. Jadi yuk jangan lupa cobain bikin juga!

Resep Sop Buntut Sapi

Resep Sop Buntut Sapi Spesial Ala Home Cooking Notes

Bahan :

  • 1/2 kg Buntut sapi
  • 3 buah Kentang ukuran sedang
  • 2 buah Wortel
  • 1 buah Tomat
  • 2 batang Daun bawang
  • 1 batang Seledri
  • 1/2 buah Bawang bombay
  • 6 buah Bawang putih
  • 1/2 sdt Merica putih butir
  • 2 cm Jahe
  • 3 buah kapulaga
  • 7 butir Cengkeh
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Kaldu sapi bubuk secukupnya
  • Minyak secukupnya untuk menumis
  • Air secukupnya untuk merebus dan untuk kuah sop

Cara Membuat :

    1. Didihkan air dalam panci aku menggunakan panci presto / panci high pressure, rebus buntut sapi yang sudah dipotong-potong hingga empuk. Kurang lebih selama 30 menit, sisihkan.
    2. Haluskan bawang putih, merica, dan garam dengan cobek, atau bisa menggunakan blender / food processor.
    3. Cincang kasar bawang bombay serta geprek jahe.
    4. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang bombay, jahe, kapulaga dan cengkeh hingga harum dan bawang mulai transparan.
    5. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi.Resep Sop Buntut Sapi
    6. Masukan buntut sapi yang sudah empuk ke dalam tumisan, aduk rata.
    7. Tambahkan air secukupnya hingga buntut sapi terendam.
    8. Bumbui dengan garam, gula pasir dan kaldu bubuk.
    9. Masak hingga sop mendidih. Jangan lupa cek rasanya tambahkan garam, gula / kaldu bubuk jika perluΒ  hingga rasanya benar-benar pas sesuai selera.Resep Sop Buntut Sapi
    10. Masukan daun bawang, seledri yang sudah diiris. Kemudian masukan tomat yang sudah dipotong-potong, aduk rata lalu matikan kompor.
    11. Rebus kentang dan wortel di panci terpisah sampai matang.Resep Sop Buntut Sapi
    12. Tuang sop buntut yang sudah matang ke dalam mangkuk tambahkan wortel dan kentang, kemudian taburi dengan bawang goreng di atasnya.
    13. Sajikan dengan nasi putih hangat dan sambal cabe.

Selamat mencoba!

Resep Sop Buntut Sapi

 

 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

34 thoughts on “Resep Sop Buntut Sapi Spesial Wangi Rempah

  • Lana Mustika

    Assalamualaikum.
    Halo Mba, Salam kenal dari blogger Bandung πŸ™‚

    Wahhh pengen banget praktek masak sop buntut ini. Aku nyontek ya Mba resepnya, kebetulan suamiku penggemar sop buntut Dahapati yg terkenal di Bandung hehehe…
    Oiya, mau Tanya. Kalo misal Kita nga punya pressure cooker, kira2 dimasak di panci biasa jd berapa lama ya? Pengen banget eksekusi menu ini pas weekend suami Ada di rumah.

    Thanks for sharing, tetep sharing menu masakan keluarga ya Mbak πŸ™‚

    Cheers,
    Lana

    • Yesi Intasari
      Yesi Intasari Post author

      Waalaikumsalam, halo mba Lana salam kenal juga πŸ™‚
      yuk mba dicoba resepnya di rumah hehe, kalo buntut sapinya mau di masak dipanci biasa waktu merebusnya lebih lama mba bisa 30 menit lebih sampai empuk, ditunggu hasil eksekusinya ya mba πŸ˜€

  • keninglebar

    Buat menu makan pas naik gunung oke, nih. Cuma harus bawa bumbu halusnya aja dari bawah, sama packing buntut sapinya. Btw, kalo kuahnya pakai santan bisa gak? Saya lebih suka yang kuahnya santan =)

    • Yesi Intasari
      Yesi Intasari Post author

      wah ide bagus mah, jadi bisa makan makanan spesial meskipun lagi naik gunung ya hehe.. bisa aja sih pakai kuah jadinya mirip soto betawi πŸ˜€

  • Farhandika Mursyid

    Sop Buntut memang enak sih selagi dirasakan pada saat bumi yang kali ini kerap kali dibasahi (halah, sok puisi). Resep yang bagus tuh, namun aku masih kurang yakin bisa pake presto (pressure cooker atau tidak), kira-kira jika tidak pakai itu, misalnya panci lah gitu, apakah ada kekurangan juga pada rasa sop buntut itu sendiri?

    Ohya, sama mungkin, akan lebih baik, jika disertakan waktu memasaknya kira-kira berapa lama gitu, Kak. Takutnya, yang pemula kayak saya yang jarang peka akan masakan apakah dia matang atau tidak. Hehehe.

    • Yesi Intasari
      Yesi Intasari Post author

      emang cocok banget ya makan makanan berkuah kalo musim hujan begini bawaanya jadi ikut puitis juga haha..
      kalo gak bisa pakai presto bisa juga pakai panci biasa cuma jadinya waktu merebus si buntutnya sampai empuk jadi lebih lama gak akan sampai merubah rasa kok πŸ™‚
      siap! makasih banyak masukannya kak πŸ˜€

  • Nurul Fitri Fatkhani

    Yang buat wangi sebuah masakan, biasanya rempah-rempahnya ya…seperti jahe, kapulaga dan cengkeh. Hmm …pasti aromanya akan membangkitkan selera makan.
    Mbak, biasanya saya memasukkan wortel dan kentang langsung ke dalam daging yang sudah empuk. Kalau mbak Yesi, merebus wortel dan kentang secara terpisah, ya? Apa ada maksud dan tujuannya, Mbak?

    • Yesi Intasari
      Yesi Intasari Post author

      bener banget mbak nurul bikin kita jadi nafsu makan ya, hehe..
      sayurannya sengaja aku rebus terpisah agar tidak merubah rasa kaldu sopnya mba, jika merebusnya dicampur apalagi semakin sering dihangatkan lama kelamaan cita rasa kuah sopnya bisa berubah, rasa kuahnya jadi lebih manis dari si wortel dan kentangnya. Tapi sesuai selera aja kok mba bisa dicampur atau dipisah πŸ˜€

  • Ajen

    Foto masakannyaa baguss masakannya enak.
    Btw kalau gak pake buntut sapi dan cuma pake daging aja bisa nggak sih pake resep ini..
    Baru tahu bikin sop pake Jaheee hehehe.. selama ini kalau mama masak sop jarnag pake jahe.
    Nanti coba ah

    • Yesi Intasari
      Yesi Intasari Post author

      Bisa dong mba Ajen, pake resep ini bisa untuk sop daging, atau sop iga juga mantep banget.. pakai jahe kuahnya jadi ada citarasa hangatnya mba, makin sedap dimakan pas musim hujan begini hehe

    • Yesi Intasari
      Yesi Intasari Post author

      ya begitu mba liat deh potongan buntutnya acak-acakan hehe.. kalo beli buntut jadi di supermarket atau tukang daging potongannya rapi banget gak kaya punyaku ini πŸ˜€
      Yuk mba ruli bikin juga dong..

  • ruziana

    cuaca dingin musim hujan pas banget nih masak sop buntut
    sepertinya nti harus ke supermarket nyari buntut hihihih
    tapi sy klu masak sop daging selain bumbu di atas juga ditambah daun jeruk dan serai

  • Dweedy

    Aku malas masak si, doyannya makan. Hehhehe jadi ya tidak begitu tertarik membaca resep. Kayaknya juga belum pernah cobain buntut-buntutan hehehe

    Tapi dari fotonya sepertinya enak ya 😊 dimakan di cuaca seperti ini pasti hmmmm

  • Zefy

    Pasti enak ini mbakkk….mau…..

    Nanti mau ah coba buat juga di rumah, kayaknya para penghuni rumah bakalan suka.

    Btw aku suka dengan foto-fotonya, keren euy. Bikin lapar

  • Tukang Jalan Jajan

    Masak buntut sapi ini butuh keahlian tersendiri. Salah mengolah bakalan amis atau keras. Kebanyakan makan jadi nyeri sendi hahahaha. Tapi emang kuliner ini mau di sup atau dibakar enak semua. Asal bisa ngilangin lemaknya dan pas mengolah sebelum dimasak pasti jadi hidangan lezat. Banyakin bawang gorengnua dong kak πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

  • Dikki Cantona Putra

    sop buntut kalo beli di restoran atau di tempat makan cukup mahal uy. Mendingan bikin sendiri nih setelah melihat resep dan cara membuatnya sepertinya mudah dan tidak ribet juga untuk mengolahnya. di noted dulu ah mba siapa tau bisa belajar cara membuat sop buntut ini.

  • Dikki Cantona Putra

    sop buntut kalo beli di restoran atau di tempat makan cukup mahal uy. Mendingan bikin sendiri nih setelah melihat resep dan cara membuatnya sepertinya mudah dan tidak ribet juga untuk mengolahnya. di noted dulu ah mba siapa tau bisa belajar cara membuat sop buntut ini.