Shakshouka (Middle Eastern Egg Dish) – IDFB COOKBLOG CHALLENGE : MIDDLE EAST 12


Assalamualaikum..

IDFB cookblog challenge untuk bulan mei ini temanya adalah Middle east, buat saya tema cookblog challenge kali ini sangat menarik karena challengenya yaitu membuat masakan ala timur tengah, apalagi tinggal beberapa hari lagi kita akan melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan jadi pas banget kan kalau kita masak masakan ala-ala timur tengah juga.. Makanya saya sempatin ikut meramaikan challenge ini juga deh sekalian menambah koleksi menu untuk bulan ramadhan nanti. Challengenya bisa dilihat disini.

Masakan timur tengah yang pernah beberapa kali saya masak yaitu Shakshouka atau shakshuka. Shakshuka adalah hidangan yang terbuat dari telur dengan saus tomat yang segar dan memiliki cita rasa gurih dan sedap ala masakan-masakan timur tengah. Masakan ini menurut saya cukup mudah untuk memasaknya, tukang masak rumahan pemula seperti saya langsung sukses ketika pertama kali mencoba memasaknya hehe..

Pertama kali mengenal Shakhsouka

Saya mengenal masakan ini dari suami, mungkin setahun atau dua tahun lalu dia sempat memasak shakshuka untuk saya. Pertama kali makan shakshuka saya langsung suka, tampilannya menggoda selera warnanya merah saya kira rasanya pedas karena suami pencinta pedas makanya saya langsung berpikir kalau masakannya  kali ini bakal pedas juga. Eh tapi ternyata rasanya gak pedas, warna merahnya didapat dari tomat merah yang digunakan untuk membuat sausnya. Waktu itu dia gak sebutin nama masakanya apa katanya sih lupa namanya apa dia ingetnya itu masakan timur tengah yang bule-bule juga doyan haha apasih maksudnya dan ternyata setelah saya dan suami browsing-browsing lagi nama masakan yang suami saya masak untuk saya waktu itu adalah shakshuka.

Semenjak itu dia gak pernah masakin saya lagi shakshuka tapi beberapa kali malah dia minta saya masakin shakshuka kalau stok tomat merah lagi melimpah di rumah, katanya shakshuka bikinan saya udah enak banget wkwkwk modus banget yah, tetep aja sayanya juga suka kegeeran kalau di puji begitu..  😛 Gini deh enaknya punya suami yang suka masak juga, ngobrol soal dapur, makanan, sama masakan pasti nyambung. Seneng banget kalau giliran lagi dimasakin dan pas lagi masak bareng di dapur bisa eksperimen bareng-bareng atau dimasakin masakan yang belum pernah saya coba. Dan kalau saya lagi repot atau banyak kerjaan di rumah kadang gantian dia yang masakin makanan untuk saya hehe.. suamiable banget lah dia mah 😀

Sekilas tentang Shakshouka

Di daerah asalnya shakshouka ini biasa disajikan ketika sarapan dan dihidangkan dengan roti pipih (flat bread) ala timur tengah atau bisa juga dengan roti gandum, tapi untuk saya dan suami lebih suka menikmati shakshouka dengan nasi putih panas hehe maklum lidah Indonesia.

Menurut informasi dari wikipedia Shakshouka mirip dengan hidangan Turki yaitu Menemen, shakshouka ini juga mirip dengan hidangan sarapan ala Meksiko yaitu  Huevos rancheros. Dan masakan Turki juga  memiliki hidangan lain dengan nama yang sama seperti shakshouka, yaitu şakşuka, tetapi hidangan şakşuka ini tidak memakai telur melainkan sayuran seperti terong, kentang, wortel, paprika, dan zuchinni jadi hidangan ini lebih mirip seperti ratatouille. Selain ini Shakshouka juga mirip dengan pisto manchego masakan dari Spanyol, hidangan tradisional dari wilayah La Mancha tenggara Spanyol.

Resep shakshouka yang saya tulis disini mungkin saja sudah mendekati dengan rasa outentik shakshuka dari negara asalnya, walaupun saya sendiri belum pernah mencoba langsung shakshouka buatan orang timur tengah asli. Tapi untuk yang penasaran gimana sih rasanya shakshouka ini boleh loh dicoba resep ala saya dan suami ini hehe.. ini dia resepnya, saya membuat video masaknya juga, silahkan..

Bahan-bahan :

  • 4 buah telur ayam
  • 1 buah bawang bombay
  • 4 siung bawang putih
  • 4 buah tomat merah (blender halus)
  • 1/2 sdt jinten bubuk
  • 1/4 sdt kari bubuk
  • 1 sdt paprika bubuk
  • 1 sdt cabe kering (chilli flake)
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • 1/4 sdt lada hitam tumbuk kasar
  • 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdm minyak zaitun / olive oil
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt oregano kering
  • Daun seledri secukupnya

Cara mebuat :

Cincang halus bawang putih, dan cincang bawang bombay. Kemudian belender tomat merah dengan sedikit air atau jika ada bisa diganti dengan pasta tomat kalengan.

Panaskan  olive oil pada wajan, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Kemudian tambahkan tomat yang sudah diblender atau pasta tomat, aduk dan masak hingga mulai mengental.

Masukan jinten bubuk, kari bubuk, dan paprika bubuk pada saus lalu aduk rata. Tambahkan cabe kering (chilli flake), lada putih bubuk, dan lada hitam tumbuk kasar, aduk-aduk saus dan terkahir bumbui dengan garam dan kaldu ayam bubuk masak terus hingga saus benar-benar mengental.

Buat 4 buah lubang pada permukaan saus yang sudah mengental, kemudian masukan telur satu persatu pada tiap lubang di permukaan saus tersebut.

Taburi atasnya dengan oregano kering, tutup wajan dan masak selama 10-12 menit atau sampai semua telur matang.

Taburkan potongan daun seledri di atasnya sebagai garnish, shakshouka siap dihidangkan.

Selamat mencoba!

Untuk cara memasak yang lebih jelas berikut video yang sudah saya upload di channel Home Cooking Notes saya sertakan disini.. enjoy with this recipe..


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 thoughts on “Shakshouka (Middle Eastern Egg Dish) – IDFB COOKBLOG CHALLENGE : MIDDLE EAST

  • Inas

    Waah masyaAllah ??? kapan ya nyoba buat ini.. Bahan juga nggak lengkap pula hihihi.. Memang masakan timur tengah macam” rempah-rempahnya ya.. Terima kasih mba resepnya ?? salam kenal ?

    • Yesi

      halo mba Inas salam kenal ya.. ayo mba dicoba bahan-bahanya gak susah kok dicarinya yang penting tomat sama telurnya ada hehe, paprika bubuk bisa diganti sama cabe bubuk kalo oregano bisa di skip kalo ga ada, rasa tetep oke kok 😀

    • Yesi

      hehe iya bisa kok mba ruli retno rasa minyak zaitun gak begitu pengaruh kalo diganti minyak goreng cuma jadi lebih sehat aja kalo pake olive oil 😀
      oiah mba ruli selamat ya atas kelahiran putranya kemarin, semoga jadi anak yang shalih.. <3 <3 <3

  • Mysweet Ladyluck

    Assalamualaikum, salam kenal ma Yesi
    kalo telor kuah bersantan udah kenal, apalagi telor ceplok..hihi
    shakshouka yang ini….yumm..pengin coba, menarik sekali telornya.
    buat sahur nih pas, rasa tomatnya bikin suegerrr.. bergizi.

    terimakasih resepnya.

  • emanuella

    aaaiiiiihhhhh… fotonya menggoda banget mbak yesiiiii, tbumbu di dapur juga uda memenuhi syarat cuma kurang paprika bubuk…. tinggal nunggu chef (mas suami) pulang dari luar kota buat eksekusi bareng nih… makasi ya mbak buat resepnya :* :love :love

    • Yesi

      Haiii sama-sama mba Emanuella, ayuk nanti langsung cus eksekusi yah hehe.. paprika bubuk bisa diganti sama cabe bubuk kok, takarannya tinggal dikurangin aja biar gak kepedesan kalo pake cabe bubuk 😀

    • yesi
      yesi Post author

      rasa asam dari tomatnya mba, asam tapi gurih dan kaya rasa dari rempah-rempahnya, emang enak banget dimakan pake roti.. kalo saya pake nasi juga enak hehe.. ayo mba cobain bikin di rumah buat suaminya 😀