Tempat Wisata di Taiwan

Serunya Menjelajah Berbagai Tempat Wisata di Taiwan Selama Seminggu! 14


Serunya Menjelajah Berbagai Tempat Wisata di Taiwan Selama Seminggu! – Di awal bulan Juli ini, tepatnya hari selasa tanggal 2 Juli sekitar jam 10 pagi yang cerah ceria dengan wajah sumringah aku sudah sibuk geret-geret koper di Bandara Soekarno Hatta Terminal 3 Ultimate.

Mau kemana? Bersiap untuk flight  dong ke salah satu negara yang cukup populer di Indonesia berkat salah satu drama televisinya di tahun 2000an yang berjudul “Meteor Garden” dengan sosok pemeran utamanya yang bikin para wanita meleleh yaitu aa Tomingtse hehe..  Sudah ketebak kan destinasinya kemana, yups! Taiwan, sebuah pulau yang letaknya berada di Asia Timur.

Bisa dibilang ini adalah rezeki yang gak terduga sih, bisa mendapatkan pengalaman untuk travelling dan menjelajahi berbagai tempat wisata di Taiwan dalam rangka Taiwan Familiarization Tour bersama beberapa teman media, influencer dan aku sendiri sebagai blogger. Dan Taiwan merupakan negara ke dua yang aku kunjungi di tahun ini berkat ngeblog. Alhamdulillah bersyukur banget!

Perjalanan ini berlangsung selama satu minggu, sepertinya waktu satu minggu itu terlihat cukup kan untuk menjelajahi beberapa tempat wisata di pulau yang mempunyai panjang 394 kilometer (245 mil) dan lebar 144 kilometer (89 mil) dengan total luas sekitar 36.193 Km2 ini (nyontek data nya dari Wikipedia nih), yah sebelas dua belas deh dengan luas wilayah Jawa barat.

Tapi ternyata aku masih belum puas dong karena perjalanan kemarin kami lebih banyak meng-eksplore tempat-tempat wisata alam yang banyak berada di wilayah timur Taiwan, rasanya mau balik lagi ke sana untuk mengunjungi tempat wisata bagian wilayah lain di sana hihi.. Mumpung visa-nya masih ada kan 😀

Dan yang paling aku suka dari perjalanan ke Taiwan kemarin merupakan perjalanan wisata halal di Taiwan. Senang sekali ternyata Taiwan Tourism sudah concern juga dengan para wisatawan muslim yang berkunjung ke negaranya, sehingga sudah mulai banyak loh berbagai tempat wisata yang muslim friendly di sana.

Mejelajahi tempat wisata di Taiwan saat musim panas

Oh iya penerbangan dari Indonesia menuju Taiwan pada saat keberangkatan kemarin memakan waktu sekitar 5 jam tanpa transit, aku menggunakan maskapai China Airlines. Dan untuk perbedaan waktunya sendiri sekitar 1 jam lebih cepat dibandingkan dengan di Jakarta.

Pada bulan Juli ini di Taiwan sedang berlangsung musim panas, perkiraan suhu udaranya berkisar antara 25 – 32 derajat celcius atau bisa lebih tinggi lagi. Jadi cuaca di sana lumayan panas dan lembab nih tapi ternyata anginnya sendiri cukup kencang.

Nah di musim panas seperti ini katanya cocok banget untuk wisatawan menjelajah tempat-tempat wisata alam seperti pantai ataupun pegunungan yang berada di Taiwan. Karena biasanya berlangsung pula berbagai festival yang diadakan hanya pada saat musim panas contohnya seperti Taiwan International Balloon Festival yang sempat aku kunjungi juga loh.

Nah penasaran kan itinerary perjalanan ku di Taiwan selama satu minggu ini kemana saja selama musim panas di sana. Seru banget sih gak nyangka ternyata di pulau ini terdapat banyak tempat wisata alam juga yang recomended untuk dikunjungi, apalagi buat teman-teman yang suka banget berpetualang dan mempercantik feeds Instagram dengan foto-foto pemandangan yang menakjubkan, cusss berangkat deh jadikan Taiwan salah satu dari list destinasi wisata impianmu!

Itinerary Wisata Taiwan selama 7 Hari 6 Malam

Hari Pertama

sesampainya di Taiwan Taoyuan International Airport pesawat mendarat sekitar jam 7 malam. Jadi rombongan kami langsung menuju hotel Sherwood Taipei untuk bermalam dan beristirahat di sana, karena keesokan paginya kami harus melakukan penerbangan domestik menuju Taitung County. Dan petualanan menjelajahi tempat wisata di Taiwan akan dimulai dari sana.

Day 1 :

Mendarat di Taiwan Toyuan International Airport

Menginap di Hotel Sherwood Taipei.

Hari Ke dua

Kami melakukan penerbangan domestik menuju ke Taitung pada pagi hari, dan sesampainya di sana mengunjungi tempat wisata di Taiwan yang pertama yaitu Pantai San Xian Tai atau biasanya di sebut dengan Terrace of the Three Immortal. Pantai ini memiliki legenda tersendiri kenapa bisa diberi nama begitu, nah cerita lengkap pengalaman main di sana aku tulis di artikel selanjutnya ya.

Kemudian setelah puas main di San Xian Tai, perjalanan dilanjutkan ke lokasi menarik lainnya yaitu Water Running Up, Xiaoyeliou dan Jialulan, yaitu pesisir pantai dengan batu karang yang bentuknya cukup unik berundak-undak.

Dan perjalanan hari pertama ini diakhiri dengan menginap di Luminous Hots Spring Ressort & Spa di Taitung. Salah satu ressort yang bikin aku merasa seperti istri sultan nih saat bermalam di sana, karena apa coba? Karena di sana terdapat pemandian air panas atau hot spring langsung dari pegunungan yang private dong ada di setiap kamarnya!

Day 2 :

Penerbangan domestik menuju Taitung County.

Mengunjungi San Xian Tai (Terrace of the Three Immortal).

Mengunjungi Water Running Up, Xiaoyeliou dan Jialulan.

Menginap di Luminous Hots Spring Ressort.

Hari ke tiga

Pukul 6 pagi kami langsung menuju ke lokasi Taiwan International Balloon Festival yang letaknya tidak terlalu jauh dari ressort. Seru banget! Selain melihat berbagai macam bentuk balon udara yang diterbangkan aku juga mendapatkan kesempatan untuk bisa naik balon udaranya juga.

Kemudian menuju tempat wisata di Taiwan selanjutnya yaitu Brown Avenue or King Kong Avenue, salah satu destinasi wisata pemandangan alam berupa hamparan sawah dan pegungunan yang indah. Di sana kita bisa bersepeda mengelilingi pesawahan, duh serasa pulang kampung deh hihi..

Lalu dilanjutkan menuju ke Ke Chen Bridge, Golden Showe Tree dan mampir juga di salah satu Cafe kekinian di Taitung yaitu Mr. Sam Cafe dan makan siang di Li Chuan Aquafarm. Dan hari ke tiga ini perjalanan dilanjutkan ke daerah Yilan untuk makan malam dan menginap di Promiseland Ressort. Nah ressort ini juga gak kalah bikin aku berdecak kagum karena lokasinya yang sangat luas!

Day 3 :

Mengunjungi Taiwan International Balloon Festival

Brown Avenue or King Kong Avenue

Ke Chen Bridge, Golden Shower Tree

Menuju Yilan mengunjungi Mr. Sam Cafe

Makan siang di Li Chuan Aquafarm

Makan Malam dan menginap di Promiseland Ressort.

Hari ke empat

Kami mengeksplore Promiseland Ressort dengan menikmati segala fasilitasnya yang terbilang mewah dengan konsep ala spanyol, seperti mengelilingi ressort dengan boat dan menaiki perahu di sungai yang ada di dalam ressort tersebut. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke kota Hualien.

Nah di Hualien ini kami mengunjungi Hualien Bay Mall dan ada Starbucks yang cukup unik berbeda dengan Starbucks di tempat lain, bangunan Starbucks nya terbuat dari kontainer truk loh, Kece banget deh buat foto-foto. Kemudian lanjut makan siang di sebuah restoran halal yaitu Chateau De Chine Hualien.

Dan setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Taroko National Park. Selama perjalanan di Taiwan aku paling suka nih saat mengunjungi Taroko National Park. Berpetualang di dalam pegunungan dengan bebatuan tebing yang indah banget. Masuk ke dalam terowongan tebing seperti gua dengan aliran sungai Liwu yang terbentang di dalamnya.

Di Taroko National Park juga terdapat spot-spot menarik yang bisa kita lihat seperti Swallow Grotto (Yanzikou) atau tebing bebatuan pegunungan dengan lubang-lubang kecil yang terbentuk secara alami dan ditinggali oelh burung walet. Kemudian ada TianXiang dan juga Eternal Spring Shrine.

Dan hari ke empat ini kami beristirahat di Taroko Village Hotel, yaitu sebuah ressort hotel yang sangat spesial karena ressort tersebut berada di dalam pegunungan Taroko dengan nuansa ressort yang otentik berbentuk perkampungan suku Taroko. Oh iya semua kru ressort nya juga merupakan orang-orang suku asli Taroko. Di sana para tamu hotel juga disambut dan dihibur dengan penampilan para penduduk suku Taroko yang menampilkan kesenian asli suku aborigin Taroko seperti musik, tarian, dan juga makanannya. Keren!

Day 4 :

Promisedland Ressort

Mengunjungi Starbucks Hualien Bay Mall

Makan siang di Chateau De Chine Hualien

Berpetualang di Taroko National Park, Swallow Groto, TianXiang, Eternal Spring Shrine.

Makan malam dan menginap di Taroko Village Hotel.

Hari ke Lima

Setelah sarapan dan check out dari Taroko Village Hotel perjalanan dilanjutkan kembali menuju kota Yilan. Serunya di hari ke lima ini, kami menggunakan transportasi umum untuk sampai ke Yilan, yaitu menggunakan kereta.

Nah dari Taroko Village Hotel kami menuju stasiun kereta bernama Xincheng Taroko Station. Pengalaman menarik juga nih bisa menaiki kereta saat berada di Taiwan, bisa sekaligus berinteraksi juga dengan penduduk lokal yang sedang berada di dalam kereta.

Sesampainya di Yilan, kami mengunjungi sebuah taman art yang berada di tengah-tengah kota Yilan yaitu Jimmy Park. Jimmy Park ini merupakan sebuah taman kota dengan berbagai karya seni patung dan yang lainnya hasil karya dari tokoh seni terkenal di sana yang bernama Jimmy.

Setelah itu yang wajib banget dikunjungi saat berada di Yilan yaitu National Center for Traditional Arts. Tempat ini merupakan lokasi di mana para wisatawan lokal maupun international bisa menikmati segala seni budaya traditional khas Taiwan. Mulai dari hiburan seperti musik, tari, fashion, craft sampai kuliner. Kita bisa berburu oleh-oleh berupa barang-barang seni tradisional yang sangat menarik nih di sini.

Dan di hari ke lima ini kami beristirahat di sebuah ressort dengan nuansa perkebunan yaitu Shangrila Leisure Farm. Di sini para tamu bisa menikmati segarnya udara perkebunan sekaligus bisa memetik hasil kebunnya juga loh, saat di sana aku mencicipi buah markisa segar yang langsung dipetik di kebunnya. Kemudian malam hari nya kami dihibur dengan hiburan dan permainan tradisional seperti bermain gasing, dan menerbangkan lampion bersama-sama.

Day 5 :

Naik kereta dari Xincheng Taroko Station menuju Yilan

mengunjungi Jimmy Park

Mengunjungi National Center for Traditional Arts

Makan malam & menginap di Shangrila Leisure Farm.

Hari ke enam

Akhirnya di perjalanan hari ke enam ini kami kembali menuju ibukota Taiwan yaitu Taipei. Sesampainya di Taipei jangan sampai terlewat mengunjungi landmark nya yang cukup terkenal yaitu Taipei 101. Sebuah bangunan gedung tinggi yang memiliki 89 lantai. Dan dinyatakan sebagai gedung tertinggi di kota Taipei. Bisa langsung terlihat mencolok sih karena gedung-gedung yang ada di Taipei jarang sekali dibangun sampai tinggi mencakar langit seperti di Jakarta, karena Taipei sendiri merupakan salah satu wilayah yang rawan gempa.

Nah Taipei 101 ini salah satu gedung yang sangat menarik karena mampu berdiri dengan gagahnya di tengah-tengah kota Taipei. Wisatawan bisa masuk ke dalam gedung, karena di dalam gedung Taipei 101 tersebut terdapat mall yang cukup besar.

Dan di hari ke enam ini memang saatnya untuk shopping dan jalan-jalan sepuasnya di Taipei! Selain bisa berbelanja di mall yang berada di dalam gedung Taipei 101, daerah tersebut juga merupakan pusat industri di Taipei. Banyak sekali mall dan pusat perbelanjaan di dictrict Xinyi tersebut.

Kemudian kami mengunjungi Chiang Kai-Shek Memorial Hall, tempat ini merupakan komplek bangunan bersejarah yang dibuat untuk mengenang presiden pertama Taiwan yaitu Chiang Kai-Shek. Bagungan museumnya sangat artistik dan bernuansa tradisional dengan nuansa warna putih yang bersih. Terdapat taman-taman yang luas dan beberapa bangunan kecil lainnya yang memiliki fungsi berbeda-beda.

Di Taipei kami makan siang dan makan malam di dua restoran halal muslim friendly yang sangat terkenal di Taipei. Saat makan siang di Haji Yunus Restaurant dan makan malamnya Taiwan Halal Hui Restaurant. Keduanya menyajikan menu-menu masakan yang cocok banget loh untuk orang Indonesia.

Malam harinya kami check in di Hotel AMBA Taipei di Ximending, tapi sebelum beristirahat kami wajib mengeksplore setiap sudut wilayah Ximending karena Ximending sendiri merupakan pusat hiburan dan perbelanjaan di Taipei. Saatnya berburu oleh-oleh di sini mulai dari pakaian sampai makanan, bisa jajan-jajan cantik juga mencicipi minuman bobba milk tea kekinian langsung dari negara asalnya. 😀

Day 6 :

Mengunjungi Taipei 101

Mengunjungi Chiang Kai-Shek Memorial Hall

Makan siang dan makan malam di Haji Yunus Restaurant dan Taiwan Halal Hui Restaurant.

Berbelanja di district Ximending

Menginap di Hotel AMBA Taipei Ximending.

Hari ke tujuh

Fyuhhh sampai juga di hari terakhir, di hari ke tujuh ini saat nya melakukan perjalanan pulang ke Indonesia. Rombongan kami check out hotel jam 8 pagi dan sampai di Taiwan Taoyuan International Airport sekitar jam 9 pagi. Perjalanan pulang kali ini bisa memakan waktu seharian karena aku harus transit terlebih dahulu di Hongkong sekitar 3 jam lamanya. Dan akhirnya sampai Bandara Internasional Soekarno Hatta saat malam tiba.

Tempat Wisata di Taiwan

Pengalaman yang gak akan pernah bisa terlupakan deh bisa travelling ke berbagai tempat wisata di Taiwan selama satu minggu tersebut. Semoga tulisanku kali ini yang ternyata gak terasa sudah sampai 2ribu kata gak bikin kalian bosan ya hehe.. Dan bisa jadi acuan untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Taiwan juga.

Nah untuk cerita lebih detail lagi mengenai spot-spot wisata menarik yang aku kungjungi di sana, review lengkap hotel dan resort tempat ku menginap, kemudian review makanan dan rekomendasi restoran halal selama di Taiwan akan aku ulas di artikel selanjutnya! :*

 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 thoughts on “Serunya Menjelajah Berbagai Tempat Wisata di Taiwan Selama Seminggu!

  • Avatar
    Pertiwi Yuliana

    IRI BANGET IH KAK YESI BISA NAIK BALON UDARAAAA!
    Dari kecil sering nonton acara-acara yang ada balon udaranya di TV, rasanya tuh pengin ada di situ gimana rasanya heuuuu.
    Luminous Hots Spring Ressort & Spa di Taitung juga keren ya ada pemandian air panas tiap kamar. Biasanya kan kalo pemandian air panas gitu ramean sama orang-orang lain. Kalo private gitu rasanya lebih puas pasti.

  • Avatar
    Marfa

    Balon udar, ketemu suku asli Taroko, dihibur dg tari2an, bermain gasing. Hwaaa menyenangkan sekali ituuuuh seperti berkelanan di mimpiiii. Makanan hal d sana sedap2 kak?

  • Avatar
    Ruli retno

    Padat banget ya hingga hari ke 6 jadwalnya, biasanya wisata itu 5 hari juga uda lumayan banget, ini sampe seminggu full. Pasti puas banget ya mbak, apalagi kayanya semua yg di kunjungi itu wisata alam. Menarik banget..cuaca juga mendukung

  • Avatar
    unggulcenter

    wow, berkah ngeblog ya kaak.. siaap ditunggu artikel selanjutnya, menarik nih Taiwan negara pulau yang juga tropis kayak indonesia. Dia juga ada loh pahlawan suku aslinya yang kayak dayak.

  • Avatar
    Sugi Siswiyanti

    Ini nih yang bikin tenang saat liburan ke Taiwan, wisata halalnya. Kita punya pilihan wisata kuliner juga. Jadi makannya ga menu itu lagi, itu lagi.
    Selamat ya,Mbaak. Pasti senengnya double liburan ke Taiwan : menikmati suasananya dan bahagia karena ini hasil jerih payah ngeblog 🙂