Wedang Susu Jahe

Wedang Susu Jahe – Indonesian Ginger Milk 8


Assalamualaikum..

Bener-bener kangen banget ngeblog nih, ternyata setelah lebaran saya masih belum bisa fokus posting lagi. Selain karena pindahan blognya belum benar-benar selesai dan juga banyak pekerjaan-pekerjaan lainnya yang lebih dulu harus diselesaikan.

Untuk postingan kali ini pun saya sudah membuat draftnya dari awal bulan tetapi kenyataanya baru bisa diselesaikan setelah tanggal segini.. Jadi dari sebulan ini saya cuma bisa moderasi komentar-komentar yang masuk dan langsung blogwalking tapi balas komentarnya malah belum sempet hehe maafin saya yah temen-temen kalo ada pertanyaannya yang belum sempet terjawab. (sungkem)Wedang Susu Jahe

Nyicil PR selanjutnya nih saya mau ulas dan tulis resep yang videonya sudah saya upload di youtube kemarin selama bulan ramadhan dengan tema #resepramadhan. Untuk video #resepramadhan yang sebelumnya yaitu Puding roti Kurma dan Nasi Bakar Teri Medan. Gak apa-apa yah walaupun bulan ramadhannya udah lewat, saya masih nyicil postingan resep untuk video di channel saya yang temanya #resepramadhan, yang penting kan resep-resepnya tetep bisa temen-temen coba buat kapan aja. Hihi 😀

Resep kali ini merupakan resep minuman khas Indonesia yang bikinnya ternyata gampang banget, yaitu Wedang susu jahe. Minuman ini biasa dijual di pinggir jalan atau tersedia di warung angkringan dan restoran-restoran dengan menu khas Indonesia. Selain itu jika yang tidak suka berrepot-repot ria, sekarang ini sudah banyak pula dijual susu jahe kemasan instant yang tinggal diseduh aja. Tapi rasanya tetep beda loh jika kita menggunakan jahe segar yang kita olah sendiri dibandingkan dengan minuman instant jahe yang sudah jadi.

Dari berbagai macam minuman tradisional yang saya suka seperti Bajigur, Bandrek, kopyor, es cendol, cincau, dan masih banyak lagi, wedang susu jahe ini salah satu minuman favorit saya. Karena selain menurut saya rasanya enak banget dan khasiatnya juga bagus, seperti yang saya bilang tadi membuat wedang susu jahe ini gampang banget dibandingan dengan membuat minuman tradisional yang lain. Saya di rumah cukup selalu sedia jahe segar, dan susu kental manis dan kapan saja bisa membuat sendiri dan langsung menikmati wedang susu jahe yang hangat dan enak.

Wedang Susu Jahe

Resep ini kenapa berkali-kali saya bilang gampang, karena saya suka yang simple-simple jadi resep ini saya buat simple banget hanya menggunakan 3 bahan aja. Biasanya wedang jahe menggunakan gula aren atau gula pasir untuk pemanisnya, tapi di sini saya hanya menggunakan susu kental manis jadi tidak perlu tambahan lagi gula. yep.. just 3 ingredients, yaitu Jahe, air, dan Susu kental manis. Sip kalo gitu langsung aja yah ini dia resepnya.

Bahan-bahan :

  • 300 ml air putih
  • 6 sdm susu kental manis
  • 3 cm jahe

porsi untuk 2 gelas cangkir.

Bahan susu jahe

Cara membuat :

  • Cuci bersih jahe dan kupas kulitnya, kemudian tumbuk/geprek jahe hingga gepeng jangan sampai hancur.
  • Didihkan air di dalam panci kecil satau sauce pan, tunggu sampai air benar-benar mendidih.
  • Setelah air mendidih masukan jahe yang sudah di geprek, rebus hingga air berubah warna. Kemudian buang ampas jahenya.
  • Siapkan 2 buah cangkir, masukan 3 sdm susu kental manis ke dalam masing-masing cangkir. Tuangkan air rebusan jahe ke dalam cangkir lalu aduk hingga rata.
  • Wedang susu Jahe siap dinikmati.

Berikut Video resep Wedang susu jahe ala Home Cooking Notes..


Leave a Reply to Lusi Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 thoughts on “Wedang Susu Jahe – Indonesian Ginger Milk