investasi uang di reksadana

Investasi Uang di Reksadana Kini Semudah Belanja Online! 1


Investasi Uang di Reksadana Kini Semudah Belanja Online! – Kalau kamu punya hobby belanja online seperti aku, tapi lama kelamaan jadi feeling guilty  gitu deh karena merasa boros, rekening bocor terus gara-gara jajan online yang gak berkesudahan, dan ending-nya gak pernah punya simpanan buat masa depan. Itu berarti saatnya alihkan hobby belanja online kamu dengan investasi uang di reksadana. Kenapa? Karena jaman sekarang ternyata kita bisa mulai belajar investasi pasar modal di reksadana dengan cara yang mudah banget seperti belanja online loh!

Asik kan? sama-sama belanja online tapi bedanya yang kita belanjakan adalah investasi untuk masa depan, uhuy! Hobby belanja online pun tetap tersalurkan yekan?? hehe..

Ngomongin soal investasi untuk masa depan agar lebih cerah ceria nih, sebenarnya banyak macam investasi yang bisa kita pilih. Ada yang berinvestasi di emas, rumah, tanah, saham, deposito dan juga reksadana. Tapi buatku pribadi yang masih awam ini, memulai belajar investasi di reksadana sepertinya yang paling mudah dilakukan. Karena kebayang dong kalau misalnya aku ujug-ujug mau investasi rumah atau tanah, yang berarti harus menyiapkan dana yang cukup besar, duitnya dari mana? Eh bisa aja sih kalau aku anak sultan 😀

Nah dengan belajar investasi dengan reksadana ini, aku bisa memulai investasi hanya dengan menyisihkan minimal uang seratus ribu rupiah aja. Iya beneran dong, masih lebih murah dibandingkan jajan online aku biasanya nih haha, iya ngaku aja deh. Dan kalaupun akhirnya aku udah bisa puasa belanja online nih dan gak boros lagi, dari pada uangnya cuma ditabung aja di Bank yang pastinya akan ada potongan administrasi dan segala macamnya. Terus uangnya juga cuma nganggur di Bank kan, setelah dipikirkan lagi mendingan coba mulai aku investasikan di reksadana.

Kenapa Aku Memilih Investasi Uang di Reksadana?

Dari tadi aku nyerocos terus mau investasi reksadana lah, cara nya gampang lah, atau modalnya cuma 100ribu lah, eh ternyata aku belum jelasin ya apa sih reksadana itu. Jadi buat teman-teman yang masih awam seperti aku nih, sini aku kasih tahu deh Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor) contohnya aku sekarang ini yang mulai belajar investasi di reksadana. Nah dana yang sudah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi, ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

investasi uang di reksadana

Reksadana ini sendiri ada empat macam sesuai dengan potensi resikonya masing-masing. Di antarnya yaitu, Reksadana Pasar Uang yang meliputi instrumen deposito, obligasi, dan surat berharga, kemudian Reksadana  Pendapatan tetap (Min 80% Obligasi), Reksadana Campuran (Masing-masing tidak boleh melebihi 79% NAB), dan yang terakhir yaitu Reksadana Saham (minimal 80% saham). Dan sesuai dengan prinsip investasi, maka semakin tinggi potensi resiko semakin tinggi pula imbal hasilnya.

Dan Reksadana saham merupakan reksadana dengan tingkat resiko yang paling tinggi, tapi nih imbal hasilnya juga tinggi. Intinya kita bisa memilih reksadana mana yang menurut kita paling cocok dengan kebutuhan masing-masing deh.

Investasi uang di reksadana banyak kelebihannya juga loh, apalagi buat yang baru belajar seperti aku. Sangat simple,  relatif murah, dikelola oleh profesional, imbal hasil lebih besar jika dibandingkan dengan produk perbankan, dananya yang likuid, aman karena sudah terdaftar dan diawasi OJK. Selain itu yang paling bikin aku lega dan yakin untuk ber investasi uang di reksadana yaitu terdapat juga reksadana syariah.

Sebelumnya aku sendiri sudah punya beberapa investasi seperti deposito dan ada emas juga sih tapi itu pun dalam bentuk perhiasan aja (mas kawin dari yayank *eh), dan sekarang aku mulai tertarik juga belajar investasi di pasar modal. Apalagi seperti yang aku bilang tadi, sekarang ini semua bisa dilakukan lewat online aja. Lebih praktis gak repot dan sepertinya lebih menyenangkan buat aku ataupun teman-teman yang memang baru belajar memulai investasi di pasar modal. Dari pada aku investasi terus-terusan di shop*e atau tokp*d melulu kan ya? 😀

Jadi ini merupakan langkah awalku terjun ke dunia investasi pasar modal dengan memilih berinvestasi terlebih dahulu di reksadana, sebelum melangkah ke level selanjutnya untuk memulai berinvestasi saham juga.

Beli Reksadana di IPOT Aja Melalui IPOTFUND

Yups! jaman sekarang yang apa-apa sudah serba online, kita udah gak perlu bingung lagi deh caranya memulai investasi uang di reksadana. Gak cuma belanja-belanja barang aja yang ada e-commerce-nya, reksadana pun ada supermarketnya loh namanya IPOTFUND.

investasi uang di reksadana

IPOTFUND ini merupakan Supermarket Reksa Dana Terbesar dan Terlengkap di Indonesia. Kita bisa mengakses IPOTFUND ini melalui sebuah aplikasi yang bernama IPOT. Nah IPOT ini mencakup berbagai fitur salah satunya yaitu IPOTFUND yang berfungsi sebagai supermarket atau tempat jual beli reksadana.

Teman-teman bisa langsung dowload aplikasinya pada smartphone yaitu IPOTGO untuk menggunakan fitur IPOTFUND ini di Playstore bagi pengguna Android, atau download di Apple Store agar IPOTFUND bisa digunakan juga di Ios. Jadi semua aktifitas investasi di pasar modal seperti jual beli reksadana dan saham bisa kita lakukan langsung lewat genggaman tangan. Sudah sebelas duabelas deh sama belanja online masa kini!

Oh iya, kemudian untuk peroses transdaksi pembayarannya misalnya seperti transfer, penarikan dana, top up saldo dan lain sebagainya jangan lupa download aplikasi IPOTPAY (untuk pengguna Android) dan IPOTPAY (untuk pengguna Ios).

Nah aplikasi IPOT ini adalah produk dari Indopremier yang merupakan salah satu perusahaan Sekuritas terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Kelebihan IPOTFUND untuk Investasi Reksadana

IPOTFUND ini Simple karena transaksinya langsung dengan Rekening Dana Nasabah (RDN), kemudian pilihan Reksa Dana nya paling lengkap diantara yang lainnya. Satu akun yang kita buat di Indopremier bisa langsung untuk Saham, Reksa Dana, dan Payment Capability yang lain. Untuk keamanannya sendiri sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dan yang terakhir memiliki Fitur dan Tools Analisa yang lengkap.

Fitur spesial dari IPOTFUND sendiri yang sangat membantu dan memudahkan penggunanya yaitu antara lain :

  • IPOTFUND Evaluator

Fitur yang memudahkan investor untuk memilih produk reksadana berdasarkan akumulasi peringkat dari performance, sharpe, atau drawdown selama 3 bulan hingga 3 tahun.

  • Instant Switching

Fitur yang memungkinkan nasabah untuk switching Reksa Dana apapun dengan mendapatkan NAV di hari yang sama.

  • Investasi Reksa Dana Berkala

Fitur otomatisasi investasi Reksa Dana setiap bulan secara mandiri. Bebas pilih Reksa Dana dan waktu investasi berkala sesuka hati.

  • Subaccount

Account tambahan yang bisa digunakan sebagai penyimpanan khusus.

Cara Beli Reksadana Indopremier di IPOT

Kalau kalian sudah download semua aplikasinya nih, cara beli reksadana nya beneran mudah kok. Kita cukup membuat akun Indopremier dengan cara mendaftar langsung melalui aplikasi IPOT secara online juga. Gak perlu repot-repot lagi harus datang langsung ke kantor sekuritasnya.

Persyaratannya juga mudah, kita cukup menyiapkan KTP, NPWP, dan tanda tangan kita di atas kertas kosong, jangan lupa dandan yang cakep nanti ada sesi foto wajah juga bareng KTP langsung melalui smarphone kita wkwk. Kemudian kita tinggal ikuti aja langkah-langkahnya sampai selesai. Gak memerlukan waktu yang lama loh, saat aku mendaftar pun hanya memakan waktu setengah jam aja.

Lalu setelah itu kita akan mendapatkan verifikasi melalui email, dan sekaligus dibuatkan RDN (rekening dana nasabah) oleh Indopremier. Tinggal tunggu no rekening dan informasi lengkapnya melalui email. Pada saat registrasi aku membuat RDN nya di BCA karena saat mendaftar aku menggunakan rekening BCA.

Jadi RDN ini fungsinya untuk menampung dana kita khusus untuk transaksi di pasar modal. Yang nantinya Indopremier akan menarik dana tersebut ke dalan IPOTPAY yang akan kita gunakan untuk bertransaksi. Simple dan mudah difahami kan prosesnya. Biar gak makin penasaran cuss langsung aja dicoba deh investasi uang di reksadana dengan IPOTFUND.

investasi uang di reksadana

Yuk mulai action dari sekarang, selain rutin belanja online harus bisa rutin belanja saham dan reksadana juga dong hehe.. Selamat berinvestasi!

 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Investasi Uang di Reksadana Kini Semudah Belanja Online!

  • Avatar
    Ika Puspita

    Aku juga lagi tertarik banget sama reksadana nih, dek. Beberapa waktu lalu aku ikutan semacam seminar/kelas yg membahas investasi termasuk reksadana, dan aku langsung tertarik untuk nyobain.
    Ternyata sekarang mau investasi reksadana udah dipermudah ya, jadi makin berminat buat investasi nih