Persiapan Bulan Suci Ramadhan Tahun ini.. 2015 / 1436 H. 4


Alhamdulillah ini tahun kedua aku menghadapi bulan suci ramadhan sebagai seorang istri.. yups as a wife 😀 gak kerasa hari ini kita sudah mulai melaksanakan ibadah puasa hari pertama, tahun kemarin kondisi aku sedang tidak sehat dan harus menjalani pengobatan selama 6 bulan termasuk ketika bulan ramadhan tapi alhamdulillah ibadah puasa tetap lancar karena ada hubby yang selalu suport hehe.. dan tahun ini mudah-mudahan lebih baik dari tahun sebelumnya.

waktu masih single kadang aku gak terlalu banyak mempersiapkan pritilan-pritilan apa aja untuk menghadapi bulan suci ini yang penting sudah mempersiapkan nurani dan ruhiyah serta persiapan target untuk peningkatan diri, tapi sekarang gak hanya itu aja semuanya udah harus disiapkan juga loh, untuk persiapan nurani atau ruhiyah udah pasti dong yah nah selain itu yang harus diperhatikan juga persiapan-persiapan keperluan rumah tangga di rumah mulai dari menyiapkan jadwal imsyakiyah, daftar menu untuk berbuka dan sahur serta bahan-bahan makanan dan masakannya, to do list target ibadah, dan jangan lupa menuyusun agenda kegiatannya juga.

Seperti tahun-tahun sebelumnya tahun ini juga aku mempunyai 5 target program Sukses di bulan Ramadhan yaitu sukses puasa Ramadhan, suskes Sholat Tarawih, sukses Membaca Al-Qur’an, sukses Lailatul Qodar, dan sukses Zakat, Infak dan Shodaqoh. mudah-mudahan dengan mempersiapkan semuanya dari awal aku dan keluarga bisa lancar dan sukses dalam menjalani ibadah puasa tahun ini. amiin..

“Sungguh telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkatan. Allah telah mewajibkan kepadamu puasa-Nya. Didalam bulan Ramadhan dibuka segala pintu syurga dan dikunci segala pintu neraka dan dibelenggu seluruh syaithan. Padanya ada suatu malam yang terlebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa tidak diberikan kepadanya kebaikan malam itu, maka sesungguhnya dia telah dijauhkan dari kebajikan.”

Jadi ini beberapa tips dari aku untuk mempersiapkan bulan suci ramadhan tahun ini. Yang pertama siapkan jadwal imsyakiyah, biasanya untuk jadwal imsyakiyah kita bisa dapat dari beberapa instansi atau perusahaan-perusahaan sebagai alat promosi mereka atau perusahaan tempat kita bekerja, toko atau supermarket dimana biasa kita belanja juga sering memberikan secara gratis daftar jadwal imsyakiyah tiap tahun tapi kalo misalnya kita gak mendapatkan jadwalnya kita bisa cari jadwal imsyakiyah lewat internet setelah itu bisa kita print dan tempel deh di rumah, ini dia hasil dari googling aku untuk jadwal imsyakiyah tahun 1436 H / 2015 M untuk daerah Jakarta dan sekitarnya.

 

Selanjutnya aku mempersiapkan buku catatan dan tools yang aku buat sendiri khusus untuk ramadhan karena aku mempunyai 5 target program Sukses, jadi aku juga menyiapkan tools untuk mempermudah menyelesaikan target-target yang ingin aku capai. Toolsnya itu berupa tabel ceklist dan to do list target sukses puasa Ramadhan, suskes Sholat Tarawih, sukses Membaca Al-Qur’an, sukses Lailatul Qodar, dan sukses Zakat, Infak dan Shodaqoh. Jadi aku membuat daftar ceklist tiap hari selama 1 bulan penuh untuk puasa, solat tarawih, membaca alquran, lailatul qodar, dan zakat. Sehingga nanti kita bisa melihat apakah target yang kita set ini full tercapai atau tidak. karena aku orangnya pelupa jadi wajib banget catet sana catet sini 😀 insya allah di post selanjutnya aku akan kasih contoh tools ramadhan yang aku buat berikut DIY project tutorialnya..

Jadwal imsyakiyah udah, tools target ramadhan udah, sekarang tinggal siapkan keperluan-keperluan rumah tangga selama bulan ramadhan.. setelah menikah hal-hal seperti ini ternyata harus dipikirkan juga, misalnya merencanakan dan mempersiapkan menu-menu untuk sahur dan berbuka puasa. Aku biasanya menulis beberapa menu kesukaanku dan hubby di buku catatan. Aku lebih banyak menyiapkan beberapa menu yang memang bahan-bahannya bisa disimpan lama misalnya menu-menu yang terbuat dari telur, tepung, kornet, kentang, ayam, daging sapi, dll jangan lupa siapkan juga bumbu-bumbu masakan yang bisa disimpan dikulkas (aku membuat sendiri bumbu-bumbu halusnya tapi kadang aku pakai bumbu instan yang sudah jadi juga hehe). Nah kalau untuk sayuran aku biasanya langsung membeli ketika pulang kerja dan memasaknya langsung pada malam hari untuk menu sahur.

Tips selanjutnya siapkan keperluan untuk menjaga kesehatan.. ini penting banget, selama menjalani ibadah puasa tentunya kita ingin tetap sehat dan fit selama menjalani aktifitas. Untuk menjaga kesehatan dari dalam aku menyiapan asupan tambahan berupa vitamin dan minum Nutrishake sebelum makan sahur. Nutrishake by Oriflame ini berupa suplemen makanan tambahan yang memiliki manfaat yang bagus bagi tubuh seperti meningkatkan energi dan fokus, melengkapi nutrisi, Kaya protein, serat dan omega 3, dan beberapa keunikan dari NutriShake ini antara lain terbuat dari bahan-bahan murni dan alami dalam jumlah seimbang, mengandung tiga sumber protein sempurna, kandungan omega 3 tinggi yang berasal dari telur khusus, formulasi rendah GI-untuk memuaskan rasa lapar, fokus dan menjaga energi, formula yang dipatenkan tersedia secara eksklusif dalam Rangkaian NutriShake, hanya rasa alami, dan secara klinis menjaga berat badan dengan aman, efektif alami dan berkesinambungan. Bener-bener cocok banget dikonsumsi ketika menjalankan ibadah puasa. Next aku akan review full deh tentang si Nutrishake ini.

nutrishake

oiah aku favorit banget dengan nutrishake rasa coklat, enak banget loh berasa ngemil coklat yang gak bikin gemuk 😀

Tips terakhir dari aku yaitu jangan lupa menyiapkan agenda kegitan selama bulan ramadhan. Mulai tandai tanggal-tanggal penting di kalender, misalnya jadwal itikaf di mesjid untuk malam lailatul qodar, jadwal belanja keperluan bulanan, atau jadwal beli baju lebaran misalnya :p terus jadwal beli tiket mudik, dan jadwal mudiknya juga pastinya. Siapkan semuanya sehingga semuanya bisa terencana dengan baik. Itu dia beberapa tips menjalani ibadah puasa di bulan ramadhan ala aku semoga bisa bermanfaat ya, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan tahun ini.. 🙂


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 thoughts on “Persiapan Bulan Suci Ramadhan Tahun ini.. 2015 / 1436 H.

  • Avatar
    Teh Hitam Blesstea

    waah,, keren nih persiapannya di bulan ramadhan, ada rencana sukses puasa Ramadhan, suskes Sholat Tarawih, sukses Membaca Al-Qur’an, sukses Lailatul Qodar, dan sukses Zakat, Infak dan Shodaqoh,, semoga sukses ya di bulan ramadhan ini ya..
    oh ya gimana sih mengubah mindset kita supaya bisa berfokus pada rencana yang kita buat diawal, karena sering terjadi apa yang sudah direncanakan tidak terlaksana karena kurang fokus misallnya,, apa yang biasa mba lakukan ya?

    • Avatar
      nciinta

      amiin, mudah2an kita semua bisa sukses di bulan ramadhan ini, makasih yaa..
      seperti yang aku tulis di atas, kalo aku biasanya membuat to do list dan mencatat semua target yang ingin dicapai kemudian simpan di buku catatan atau tempel di tempat-tempat yang mudah terlihat sebagai reminder kita agar tetap bisa konsisten dengan apa yang ingin dicapai hehe..