Resep Ayam Geprek

Resep Ayam Geprek Super Pedas dengan Ayam Dingin Segar 21


Assalamualikum.. Wah alhamdulillah gak kerasa di bulan ramadhan ini, kita udah menginjak hari ke lima. Insya allah perjalanan masih panjang ya hehe.. Tulisan aku kali ini aku mau berbagi resep lagi nih, yaitu Resep Ayam Geprek Super Pedas. Bisa jadi referensi untuk berbuka puasa nanti. Aku suka banget olahan masakan dari daging ayam, mau dimasak apapun pasti enak menurutku. Sedangkan suami memang pencinta pedas jadi klop deh menu masakan Ayam Geprek Super Pedas ini jadi favorit keluarga kami.

Jadi ibu rumah tangga sekaligus kerja kantoran bikin aku sering keteteran sama pekerjaan rumah termasuk urusan masak-memasak. Apalagi pada saat bulan ramadhan seperti ini, mau gak mau harus siap sedia masak atau siapin makanan untuk berbuka dan sahur sekaligus, apalagi kalau suami minta dibikinin takjil segala rupa. Repot? iya pasti, kadang perkerjaan rumah yang lain jadi tambah terbengkalai hihi *curcol deh, tapi alhamdulillah si pak suami suka bantu-bantu juga jadi tinggal pinter-pinter kitanya aja atur waktu.

Resep Ayam Geprek

Nah selain pinter ngatur waktu juga, salah satu cara aku biar tetep bisa masak enak dan praktis di rumah yaitu dengan cara belanja keperluan masak-memasak sekali waktu dalam jumlah banyak misalnya untuk 1 – 2 minggu. Yang gak pernah terlewat dari belanjaan ya si daging ayam. Karena selain lebih murah daripada daging sapi, seperti yang udah aku bilang tadi kalau daging ayam itu serbaguna pasti enak mau dimasak apapun, waktu memasaknya pun cukup singkat. Dan biasanya nih ya aku selalu membeli Ayam Dingin Segar.

Oiya ngomong-ngomong apa sih Ayam Dingin Segar itu, siapa tau ada yang belum ngeh kan sama Ayam Dingin Segar. Ayam Dingin Segar adalah istilah yang digunakan untuk daging ayam yang diproduksi dengan cara pendinginan atau pembekuan. Ayam disembelih di Rumah Potong Unggas dan dagingnya ditangani dalam keadaan dingin (suhu 0 – 4°C) dan terus dipertahankan pada suhu dingin selama transportasi, penjajakan, hingga sampai ke tangan konsumen.

Ayam Dingin Segar

Aku selalu membeli ayam dingin segar karena menurutku lebih praktis, higienis, segar dan hemat juga. Selain itu ternyata dibandingkan dengan ayam potong biasa, Ayam Dingin Segar ini kandungan gizinya lebih terjaga loh. Penanganan daging ayam dengan proses dingin seperti ini diharapkan akan mampu menjaga kandungan gizi yang dimiliki daging ayam seperti protein, vitamin (B2 dan B6), mineral (tembaga, fosfor, dan selenium). Kandungan nutrisi penting yang ada dalam daging ayam jadi tidak rusak terpapar oleh panas dan cahaya.

Biasanya nih ayam potong biasa, dijual secara terbuka selain kurang higienis mau gak mau harus buru-buru langsung dimasak juga kan ya biar dagingnya tetap segar dan rasanya tidak cepat berubah. Nah untuk yang sibuk seperti aku, ayam dingin segar bisa jadi penolong nih buat buibu “sok sibuk” yang mau tetap bisa menyediakan masakan enak dan sehat untuk keluarga di rumah.

Ayam Dingin Segar juga mudah didapatkan kok, biasanya aku beli di supermarket atau toko frozen food. Udah tersedia di banyak supermarket, minimarket, ataupun pasar tradisional dan toko-toko khusus yang memiliki fasilitas pendingin. Karena dagingnya beku jadi aku bisa beli Ayam dingin segar ini kapan aja dan langsung aku simpan di kulkas agar tetap beku. Bisa diolah seluruhnya atau beberapa bagian aja sesuai kebutuhan, yang penting sisa daging yang belum diolahnya dijaga agar tetap beku. Praktis banget deh 😀

Ayam Dingin Segar

Salah satu menu favorit di rumah yang di olah dari Ayam dingin segar yaitu Resep ayam geprek super pedas ini. Karena aku suka yang praktis-praktis hehe resep ini pun cukup mudah dan praktis menurutku. Selain itu menu Ayam geprek ini lagi hits juga kan di mana-mana banyak yang jual, dan ternyata bikinnya juga gampang. Kalau misalnya kita bisa bikin sendiri dan lebih enak kan jadinya lebih puas. Langsung aja ini dia resepnya.

Resep Ayam Geprek Super Pedas

Bahan bahan :

  • 6 potong ayam broiler
  • 3-4 sdm tepung bumbu instant
  • 3 sdm tepung terigu serbaguna
  • 1 butir telur
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan sambal :

  • 10 buah cabe merah keriting
  • 8-10 buah cabe rawit merah / sesuai selera
  • 1 buah tomat merah
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Video masaknya bisa ditonton di sini..

 

Cara membuat :

  1. Keluarkan ayam dari freezer, lelehkan terlebih dahulu kemudian cuci sampai bersih.
  2. Taburi garam, dan tambahkan jeruk nipis peras kemudian aduk rata, diamkan sekitar 10 menit.
  3. Siapkan wadah untuk baluran tepung, masukan tepung bumbu instant kemudian tambahkan tepung terigu serbaguna, aduk rata kemudian sisihkan.
  4. Kocok 1 butir telur dalam wadah terpisah
  5. Siapkan ayam yang sudah dimarinasi tadi bersama kocokan telur dan campuran tepung.
  6. Baluri 1 potong ayam ke dalam campuran tepung guling-gulingkan hingga merata.
  7. Celupkan ke dalam kocokan telur
  8. Kemudian gulingkan kembali ke dalam campuran tepung, baluri hingga semua permukaan tertutupi rata sambil terus diremas-remas agar lapisan tepung menjadi keriting.
  9. Lakukan sampai potongan ayam habis.
  10. Panaskan minyak goreng agak banyak, kemudian goreng ayam dalam minyak hingga ayam benar-benar terendam (deep fried).
  11. Goreng ayam hingga berwarna coklat keemasan, angkat kemudian tiriskan.
  12. Cuci bersih cabe merah, cabe rawit, tomat, dan bawang merah, bawang putih yang sudah dikupas.
  13. Goreng dalam minyak panas bekas menggoreng ayam tadi hingga agak layu.
  14. Masukan cabe merah, cabe rawit, tomat, bawang merah dan bawang putih yang sudah digoreng ke dalam cobek.
  15. Tambahkan garam, lada bubuk, kaldu ayam bubuk dan gula pasir.
  16. Ulek hingga menjadi sambal, tekstur kehalusan sambalnya sesuai selera aja, aku lebih suka masih agak kasar.
  17. Kemudian siram dengan minyak goreng panas secukupnya, aduk rata.
  18. Masukan beberapa potong ayam yang sudah matang tadi ke dalam cobek, geprek ayam sampai agak hancur dan aduk dengan sambalnya.
  19. Ayam geprek super pedas siap dihidangkan dengan nasi putih panas.

selamat mencoba! 🙂

Resep Ayam Geprek

 


Leave a Reply to Afifah Mazaya Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

21 thoughts on “Resep Ayam Geprek Super Pedas dengan Ayam Dingin Segar