Roti Cane

Resep Roti Canai / Cane aka Roti Prata 14


Assalamulalaikum..

Suka sama yang namanya roti canai atau cane atau roti prata atau roti maryam? atau ada juga yang menyebutnya roti konde, sampe banyak “atau” nya gini saking banyaknya nama untuk roti ini di Indonesia. Roti ini sejenis flat bread yang terkenal di Indonesia, Malaysia dan Singapura, menurut catatan di wikipedia roti ini banyak di pengaruhi dari India dan timur tengah, lebih lengkapnya langsung aja deh baca di wikipedia ya.. Saya sendiri gak begitu faham apa roti cane dengan roti maryam atau roti prata dan roti konde ini memang benar-benar sama hanya beda penyebutannya aja atau bahkan sebenarnya berbeda walaupun bahan dan cara pembuatannya hampir sama, ga tau deh ya saya juga jadi bingung sendiri nih hihi, jadi kalo temen-temen ada yang tau langsung komen ya.. bagi-bagi ilmunya gitu 😀

Beli roti canai di restoran atau beli yang versi frozen di supermarket atau di toko-toko frozen food udah biasa kali ya, nah kalo bikin sendiri baru deh namanya luar biasa (kumat nih virus muji diri sendirinya 😛 ). Yup kali ini saya mau ngasih liat lewat video gimana sih caranya bikin roti canai ini, videonya udah tayang dari minggu kemarin di youtube tapi postingan resep di blognya baru selesai hari ini hehe ngaret lagi aja kerjaannya.

Roti ini favorit saya banget, pertama kali makan roti canai dulu waktu masih sekolah pas jamannya saya doyan jajan padahal sampe sekarang juga doyan jajan mah tetep yaaa.. Waktu itu Pertama kali makan roti ini saya makan pakai susu kental manis, bertahun-tahun nih taunya roti ini roti manis, terus setelah menikah dan pindah ke Tangerang saya sempet coba juga jajan roti canai dengan kuah kari, karena di Tangerang ada roti canai kuah kari yang fenomenal banget kalo tanya orang Tangerang biasanya tau, yang jualnya orang india gitu dan emang bener rasanya enak banget.  Tapi kalo terus-terusan jajan kan harganya lumayan juga yah dan kita juga gak tau kebersihan dan bahan-bahannya seperti apa, jadi dari situ lah niat awalnya saya pengen bikin sendiri roti canai nya di rumah.

Roti Cane

Roti canai ini cocok dimakan versi asin atau versi manis dua-duanya sama-sama enak, kalo yang versi manis biasanya saya makan dengan siraman susu kental manis, di tambah parutan keju atau buat yang suka coklat kaya suami cukup tambahin taburan coklat ceres euhh itu enak banget, eh eh eh tambahin es krim juga jadi tambah enak banget. Nah kalo mau yang lebih kenyang roti canai ini enaknya dicocol ke kari kambing atau di tambah daging kebab sama salad dan mayonnaise, pake telur juga mantap, dijamin sama kenyangnya kaya makan sepiring nasi di tambah rendang padang 😛 tapi kalo buat orang yang punya prinsip belum makan kalo belum makan nasi (bukan saya loh ya 😛 ) ga tau deh ya makan roti canai ini aja bisa kenyang atau ngga hihi..

Di postingan kali ini gak ada foto step by step nya ya, tapi saya tetep tulis disini bahan-bahan lengkap dan cara pembuatannya juga jadi temen-temen bisa langsung aja tonton videonya sambil baca curhatan  resepnya disini. Bahan-bahannya gampang dicari, lari ke warung ceu edoh (nama fiktif) depan gang rumah juga ada lah pasti  hihi.. Sebenernya bahan intinya cuma tepung terigu, mentega / minyak, dan telur. Kalo resep saya disini sudah dimodifikasi sedikit dengan di tambahkan susu cair agar lebih gurih dan kalo bisa untuk mentega / minyaknya pakai minyak samin untuk olesan di adonan rotinya tapi kalo gak ada juga gak apa-apa saya sendiri cuma pakai mentega tapi harumnya udah semerbak loh.. rotinya beneran gurih, legit, garing, tapi tetep lembut dan berlapis-lapis… yum.. enak banget.

Walaupun bahan-bahannya cukup mudah didapat dan gak mahal tapi ternyata bikin roti ini butuh ketelatenan untuk membentuk rotinya jadi cantik dan berlapis-lapis (ayo buibu yang pada rajin dan telaten pasti seneng nih bikin beginian) apalagi pas bagian menipiskan adonannya harus setipis mungkin tapi jangan sampai sobek, pake teknik seperti abang jualan martabak telur yang adonannya di banting sambil di puter-puter gitu harusnya, tapi kalo saya gak jago sama yang begitu-begituan jadi cuma di tipiskan pake rolling pin sama tangan aja 😀

Oiah roti ini juga gampang banget kalo mau dibuat frozen, setelah adonannya siap dimasak simpan adonan ke dalam wadah kedap udara yang sudah di olesi minyak kemudian simpan dalam freezer. Atau bisa juga masak terlebih dahulu roti canainya sampai setengah matang kemudian siampan dalam wadah kedap udara, kalo saya pake cara kedua terus langsung saya kemas menggunakan plastik yang di vacuum kemudian baru dibekukan di freezer, cara ini lebih hemat tempat buat kulkas saya yang imut-imut hehe.. kalo gitu ini dia cara membuat roti canai atau cane atau roti prata atau roti maryam homemade versi Home Cooking Notes.

Roti canai

Roti Canai / Cane aka Roti Prata

Bahan-bahan :

  • 2 cup / 300 gram tepung terigu serbaguna
  • 150 ml susu cair
  • 1 sdm / 15 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 50 ml minyak goreng (untuk campuran adonan)
  • 50 ml minyak goreng (untuk merendam adonan)
  • 1 butir telur
  • 40 gram mentega (untuk olesan)

Cara membuat :

Kocok telur, susu cair, dan minyak goreng di dalam mangkuk

Masukan kocokan telur kedalam mangkuk mixer tambahkan tepung terigu yang sudah di ayak kemudian mixer dengan kecepatan tinggi menggunakan kocokan spiral.

Kemudian tambahkan garam dan gula mixer kembali sampai adonannya tercampur rata dan mulai khalis

Setelah khalis, uleni sebentar dengan tangan tambahkan sedikit tepung jika adonan masih terasa lengket.

Bagi adonan menjadi 10 bagian (pada saat membagi adonannya gak saya timbang satu persatu jadi dapet 11 bagian harusnya sih 10 aja 😀 )

Kemudian bulatkan masing-masing bagian adonan lalu susun di dalam mangkuk dan rendam dengan minyak goreng kurang lebih 1 jam atau lebih juga bisa dan tutup dengan plastik wrap. Tujuannya untuk membuat adonan lebih elastis.

Setelah adonan siap, ambil 1 buah adonan tipiskan adonan setipis mungkin tapi jangan sampai robek atau bolong dengan cara dipipihkan lalu banting ke meja kerja sambil diputer-puter seperti abang yang jualan martabak telur atau bisa juga ditipiskan dengan rolling pin dan tangan seperti di video.

Kemudian oleskan mentega pada adonan roti yang sudah ditipiskan secara merata, jika ingin lebih harum dan gurih bisa menggunakan minyak samin, menggunakan mentega juga sudah cukup harum tapi jika menggunakan margarin mungkin kurang harum seperti mentega.

Setelah itu gulung adonan secara perlahan sehingga membentuk tali panjang, tarik adonan agar lebih panjang lalu gulung masing-masing bagian ujung adonan berlawanan arah sampai ke tengah sehingga membentuk huruf “S”

Setelah membentuk huruf “S” kemudian tumpuk adonan sehingga membentuk konde. lebih jelasnya lihat di video.

Panaskan wajan anti lengket, pipihkan adonan selebar mungkin lalu panggang roti tanpa menggunakan minyak lagi. Panggang hingga warnanya kecoklatan sambil di tepuk-tepuk menggunakan dua spatula agar lapisan rotinya terlihat berlapis-lapis. (jika ingin dibuat frozen panggang setengah matang kemudian masukan ke dalam wadah kedap udara lalu bekukan di frezer)

Sajikan roti canai di piring bersama kari kambing, atau sesuai selera..

Selamat mencoba.. 🙂

*waktu membuat videonya saya memasak kari kambingnya juga.


Leave a Reply to yesi Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 thoughts on “Resep Roti Canai / Cane aka Roti Prata