solusi sakit maag

Solusi Sakit Maag Buat Kamu Si Penggemar Kopi 20


Hai para penggemar kopi? Mana nih suaranya.. Mau tau gak solusi sakit maag buat kalian para penggemar berat kopi? Kalau boleh aku sotoy alias sok tahu nih, biasanya kan kopi itu selalu dijadikan alasan salah satu penyebab sakit maag yang dialami para pencinta kopi. Boleh setuju atau nggak itu mah terserah kalian hehe. Mungkin aja statment itu memang benar tapi aku juga gak bisa bilang salah kan, karena aku sendiri bukan orang medis jadi gak terlalu faham dan gak berani menyatakan hal itu fakta atau mitos.

Tapi eh tapi nih ya, aku punya sedikit cerita dan pengalaman nih mengenai si kopi dan sakit maag ini. Semoga aja cerita aku kali ini yang kadang masih suka ngalor-ngidul malah bisa jadi informasi bermanfaat buat kalian. Misalnya kamu jadi dapat insight baru tentang kopi dari aku yang padahal masih awam soal kopi. Atau malah bisa jadi kamu dapat solusi sakit maag yang sering menghantui dikala lagi asik-asiknya ngopi. Bisa jadi kan? 😀

Iya sekali lagi aku ngaku kalau aku mau sotoy dong, jujur aja nih aku kenal dan mulai tertarik sama kopi itu baru-baru ini. Sejak kecil sampai sekarang kebiasaan di keluarga aku memang gak ada yang terbiasa ngopi. Orang tua dan saudara bisa dibilang jarang minum kopi, jadi ya akupun bisa dibilang dangkal banget pengetahuannya soal kopi ini.

solusi sakit maag

Nah walaupun belum sampai ke tahap jadi pencinta kopi, tapi sekarang ini aku malah jadi sering ikutan ngopi juga di rumah bareng suami. Kalau doi sih termasuknya yang doyan ngopi juga meskipun seringnya minum sirup kopi alias kopi sachet. Awal mulanya sih mungkin karena aku mulai suka jajan di coffee shop, karena menurutku ngopi-ngopi cantik di coffee shop juga bisa meningkatkan mood dan produktifitas loh. Lama kelamaan aku jadi selalu exited kalau cari tahu tentang segala macam hal yang berkaitan dengan kopi, semacam tiba-tiba jatuh cinta gitu deh.

Gejala Maag Menghampiri

namanya orang yang tadinya gak biasa ngopi eh sekarang jadi keranjingan sama kopi, kadang perut aku jadi terasa kembung dan begah, tiba-tiba perut mual sampai perih, duh rasanya gak enak banget rasanya seperti asam lambung naik gitu. Tiba-tiba jadi was-was kan ya kalau mulai terasa ada gejala maag seperti itu. Harus segera cari solusi sakit maag nih, cari-cari info mengenai beberapa hal yang aku alami tersebut ternyata sesuai dengan beberapa gejala maag seperti berikut ini :

  • Perut terasa mual
  • Kembung dan nyeri di bagian atas perut selain itu bisa sampai terasa panas
  • Jadi sering bersendawa
  • Muntah-muntah
  • Ulu hati terasa nyeri atau panas di bagian tengah dada. Terkadang rasanya bisa sampai punggung dan leher. Terus sering muncul pada saat selesai makan.
  • Terjadinya Refluks, yaitu kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan.
  • Jadi cepat merasa kenyang ketika makan, atau lambung terasa cepat penuh.solusi sakit maag

Penyebab Penyakit Maag

Seperti yang aku bilang tadi sih, sebenarnya aku gak berani mengatakan kalau gara-gara kopi lah  penyebab penyakit maag yang gejalanya mulai aku alami, semacam gak rela gitu karena aku baru aja mulai bisa menikmati kopi hehe. Dan memang minum Kopi ternyata terbukti merangsang produksi asam lambung. Jadi nih ya kalau kita minum kopi apalagi pada saat perut kosong, akan meningkatkan keasaman perut. Itu juga yang ternyata menyebabkan perut jadi mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

Hal tersebut bisa terjadi karena asam dari lambung yang naik ke kerongkongan. makanya kadang dada sampai tenggorokanpun jadi ikut terasa panas dan terbakar, hal seperti ini biasanya disebut dengan heartburn. Sama persis ya seperti beberapa gejala maag yang aku sebutkan di atas.

Tapi walaupun begitu, masih ada angin segar yang bikin aku nyengir dong. Gak jadi takut sama yang namanya kopi, katanya nih ya belum tentu loh penderita maag gak bisa minum kopi. Ada cerita menarik nih, aku mendapatkan banyak informasi mengenai dunia kopi dan solusi sakit maag bagi para pencinta kopi di acara Cerita di Balik Barista yang aku hadiri kemarin di Liberica Cafe Pasaraya Blok M.

Cerita di Balik Barista Bersama Aga First Winner Indonesia Barista Championship 2018

Jadi tepatnya pada tanggal 27 September 2018 di hari kamis sore yang cerah, aku mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara yang kece nih di Liberica Cafe. Acara tersebut dihadiri oleh Muhammad Aga seorang barista Profesional yang tentunya sangat berprestasi karena telah meraih juara di kompetisi bergengsi kejuaraan barista tingkat dunia.

solusi sakit maag

Seru banget bisa belajar langsung tentang segala macam hal mengenai kopi dan dunia barista dari seorang Aga. Aku jadi tau seperti apa keseharian pekerjaan seorang barista di kedai coffee. Ternyata banyak banget tantangannya, gak hanya skill mumpuni yang dibutuhkan, tapi konsentrasi serta tubuh dan kesehatan yang prima juga perlu dijaga oleh seorang barista profesional.

Gimana nggak, menurut cerita Aga yang sudah memiliki kedai kopi nya sendiri sejak tahun 2015 yang diberi nama Coffee Smith Jakarta Coffeeshop & Roastery. Setiap harinya pada saat pagi hari ia harus melalukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopi dibuka, mencoba beberapa gelas kopi menjadi tantangan tersendiri untuk lambung apalagi minum kopi sebelum sarapan. Maka dari itu pekerjaan Barista ternyata bisa jadi sangat rawan terkena sakit maag. Dan Aga juga mebagikan pengalamannya pada saat menemukan solusi sakit maag yang ia alami.

solusi sakit maag

Jadi Kira-kira apa nih Solusi Sakit Maag buat para penggemar Kopi Seperti Kita?

Nah menurut sharing cerita dari Aga di acara kemarin, Kopi yang tidak diolah dengan baik akan menyebabkan sakit maag, atau kopi yang terlalu banyak dikonsumsi dalam keadaan perut kosong menjadi beberapa penyebab munculnya gangguan lambung setelah minum kopi.

Dari pengalamannya selama ini sebagai barista yang mengharuskannya berhadapan setiap hari dengan kopi, setiap hari meracik sampai mencicipi kopi buatannya, Aga memberitahukan solusi sakit maag yang disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi kopi kuncinya yaitu, kita harus bisa memilih kopi dan minum Obat maag yang aman.

Promag Ahlinya Lambung

Kalau dengar nama Promag kayaknya semua orang udah kenal ya, akupun begitu familiar dengan salah satu obat ini. Meskipun aku selama ini bukan penderita maag, tapi aku bisa kenal dengan Promag karena mamaku sendiri penderita maag yang alhamdulillah sekarang sudah sembuh dan Promag lah andalannya saat itu.

Aku masih ingat banget, dulu mama seringnya minum Promag yang berbentuk tablet. Selain tablet ternyata sekarang ini Promag semakin banyak variannya loh, ada Promag cair yang lebih praktis dengan kemasannya yang berbentuk sachet. Kemudian ada Promag Fruity yaitu obat maag tablet kunyah dengan rasa buah-buahan, minum obat jadi terasa seperti makan permen nih. Terus ada juga Promag Double Action.

solusi sakit maag

Keunggulan dari Promag Sebagai Solusi Sakit Maag dan Kembung

Beberapa keunggulan dari Promag sebagai solusi untuk mengatasi sakit maag, diantaranya yaitu memiliki formula Hydrotalcite dengan kandungan magnesium hydroxide dan shimeticone yang mampu meredakan sakit maag dan kembung dengan aman dan cepat.

Selain itu bekerja cepat mengatasi maag dan melindungi lambung lebih lama, dapat membantu membentuk lapisan dinding lambung sehingga mengurasi rasa nyeri akibat asam lambung yang naik. Bisa menetralisasi asam lambung, sebagai adsorben, memperlambat pengosongan lambung, dan merangsang produksi mukus.

Jadi sekarang kamu si penggemar kopi udah tahu kan solusi sakit maag harus apa dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk lah kapan-kapan kita ngopi bareng, ajakin aku mengenal berbagai macam jenis kopi yang belum pernah aku coba dong! 😀


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 thoughts on “Solusi Sakit Maag Buat Kamu Si Penggemar Kopi